Yang Dilakukan Untuk Mengatasi Ruam Popok Bayi

0
9
popok bayi

Penggunaan popok yang salah dapat menyebabkan ruam popok pada bayi. Ketika hal ini sudah terjadi maka segera ganti popok yang digunakan dengan popok lain yang lebih baik untuk kulit anak. Setelah itu segera atasi ruam popok yang terjadi. Berikut ini Cara mengatasi ruam popok pada bayi:

1. Angin-anginkan kulit bayi

Ruam bisa saja muncul karena kondisi kulit yang lembap akibat campuran keringat dan kotoran. Karenanya, Mama perlu sesekali membiarkan kulit bayi bernapas.

Tempatkan bayi di atas alas waterproof dan lepaskan diaper selama kurang lebih 10 menit setiap harinya. Hal ini akan membantu mengurangi kelembapan sehingga menurunkan risiko bayi mengalami ruam popok.

​​​​​​2. Mengganti popok lebih sering

Walaupun diaper bisa menyerap beberapa kali pipis bayi, namun udara lembap dan campuran keringat di sekitarnya bisa saja menimbulkan masalah kulit.

Karenanya, ganti popok lebih sering agar kebersihan tetap terjaga. Jangan lupa membersihkan area di sekitar selangkangan bayi dengan handuk lembut setiap kali ganti popok.

3. Memilih popok yang lebih besar

Bayi tumbuh dengan sangat cepat sehingga pakaian mereka akan sesak dalam waktu singkat. Hal ini juga berlaku pada diaper.

Jika bayi mulai sering mengalami ruam, mungkin popok yang dikenakan sudah terlalu ketat. Coba ganti ukurannya menjadi lebih besar agar mereka bisa lebih leluasa bergerak.

4. Menggunakan obat ruam

Cara mengatasi ruam popok pada bayi tentunya dengan menggunakan obat ruam berupa salep. Penggunaan obat pada bayi sebenarnya tidak terlalu disarankan, kecuali atas izin dokter. Meski demikian, saat ini sudah banyak produk anti ruam yang dijual bebas di pasaran.

Namun jika penggunaannya ternyata tak berhasil mengobati, mungkin Mama perlu berkonsultasi dengan ahlinya.

5. Mengganti produk

Sebagaimana disebutkan di atas, masalah ruam bisa saja terjadi karena kulit bayi alergi terhadap bahan tertentu. Jika semua cara sudah dilakukan namun tetap gagal, maka sebaiknya Mama mengganti popok dan tisu basah dengan brand lain. Untuk hal ini, Mama perlu saran dari dokter.

Mama bisa mengganti popok yang memiliki permukaan lembut seperti popok Merries. Selain itu popok Merries juga memiliki 3 lapisan bersirkulasi udara sehingga kulit bayi akan terasa nyaman saat menggunakan popok. Segera ganti popok bayi dengan popok Merries yang lembut dan bersirkulasi ya!

Tinggalkan Balasan