5 Alat Keselamatan Kerja di Laboratorium

0
145
laboratorium

Resiko kecelakan dapat terjadi dimana saja, termasuk di laboratorium. Oleh karena itu perlu adanya alat keselamatan kerja di laboratorium yang dapat meminimalisir resiko kecelakaan kerja.

Seperti yang kita tahu laboratorium adalah tempat pengujian dan riset ilmiah yang dalam operasinya sering menggunakan bahan kimia berbahaya. Apabila bahan kimia yang berbahaya tumpah maka dapat terjadi kecelakaan kerja yang tidak diinginkan. Jadi sebagai praktikan kamu harus selalu berhati-hati dan waspada.

5 Alat Keselamatan Kerja di Laboratorium

Agar selalu menciptakan rasa aman maka laboratorium harus menyediakan alat keselamatan kerja yang lengkap. Berikut ini 5 alat keselamatan kerja yang ada di laboratorium beserta fungsinya:

1. Jas Laboratorium

Terdapat 2 jenis jas laboratorium yang bisa kamu gunakan saat sedang melakukan pengujian di laboratorium. Perbedaan kedua jas laboratorium ini terletak pada bahan dan jumlah pemakaiannya.

Jas laboratorium biasa terbuat dari bahan kain dan dapat digunakan berkali-kali. Sedangkan jas laboratorium khusus terbuat dari bahan PVC dan hanya bisa digunakan sekali pakai.

Sementara fungsi keduanya sama saja, yaitu melindungi penggunanya dari percikan bahan kimia dan kontaminasi dari patogen yang ada di laboratorium.

2. Lemari Asam Basa

Bahan laboratorium biasanya ada yang berupa asam pekat dan basa kuat. Apabila uap gas dari bahan kimia tersebut terhirup hidung manusia maka dapat menimbulkan pusing dan mual. Bahkan dapat menimbulkan efek samping dan resiko yang tidak terduga.

Nah agar praktikan dapat mengambil bahan kimia yang bersifat pekat dengan aman, maka bisa dilakukan di lemari asam. Fungsi lemari asam adalah untuk menarik uap bahan kimia pekat yang kemudian akan diproses sebelum dilepaskan ke lingkungan sekitar. Sehingga hidung kamu akan aman dari uap gas berbahaya.

3. Kaca Mata Lab

Walaupun mata kamu tidak minus alias normal, kamu juga harus menggunakan kaca mata lab jika sedang berada di laboratorium. Apalagi jika bahan kimia yang kamu gunakan bersifat karsinogenik terhadap mata. Tentu akan sangat membahayakan bukan?

Nah fungsi dari kaca mata lab adalah untuk melindungi mata kamu dari percikan atau interaksi yang disebabkan oleh bahan kimia. Kaca mata ini juga terdiri dari 2 jenis, yaitu clear safety glass dan clear safety google.

4. APAR

APAR atau alat pemadam api ringan merupakan alat wajib yang harus ada di laboratorium. Fungsi dari alat ini adalah untuk memadamkan dan mengendalikan api pada saat kebakaran kecil terjadi.

Laboratorium biasanya memiliki bahan kimia yang mudah terbakar apabila terjadi reaksi antara bahan kimia lainnya. Nah APAR ini merupakan bentuk pengendalian dari masalah tersebut.

5. First Aid Kit

Apabila terjadi kecelakaan ringan di laboratorium maka perlu adanya tindakan pertolongan pertama. First Aid Kit biasanya menyediakan perban, salep, plaster luka yang dapat digunakan sebagai tindakan pertolongan.

Oleh karena itu laboratorium wajib menyediakan First Aid Kit agar dapat mengendalikan kecelakaan kerja yang terjadi. Nah, itulah 5 alat keselamatan kerja di laboratorium. Apabila kamu ingin mengenal lebih dekat mengenai laboratorium bisa kunjungi Blog Kimia ya. Disana kamu akan belajar mengenai alat-alat laboratorium dan bahan-bahan kimia lainnya. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini