Rumah Adat Bubungan Lima Bengkulu

0
772

Rumah Adat Bubungan Lima Bengkulu. Uniknya, rumah bubungan lima dibangun tanpa menggunakan paku, melainkan pasak kayu. Rumah ini bukanlah rumah tinggal seperti pada umumnya.

100 Rumah Adat Dari 34 Provinsi Di Indonesia
100 Rumah Adat Dari 34 Provinsi Di Indonesia from 1.bp.blogspot.com

Uniknya, rumah bubungan lima dibangun tanpa menggunakan paku, melainkan pasak kayu. Selain bubungan lima, ada beberapa desain atap yang dapat kita temukan pada rumah adat bengkulu ini, misalnya desain atap bubungan haji, bubungan limas, dan bubungan jembatan. Rumah adat bengkulu pun unik dan berbeda. Rumah adat bengkulu bubungan lima terdiri atas tiga bagian yaitu ada bagian atas, bagian tengah dan bagian bawah. Apabila dilihat dari fungsinya sendiri, susunan bangunannya dibagi menjadi beberapa bagian.

Selain itu, rumah adat ini juga memiliki sebutan lain seperti bubungan limas, bubungan haji, serta bubungan jembatan.

Dibangun dari kayu medan kemuning, rumah ini berdiri dengan kokoh. Rumah bubungan lima adalah rumah adat resmi provinsi bengkulu.rumah ini termasuk jenis rumah panggung. Nama bubungan lima diambil dari bentuk atap rumah itu. Jenisnya mirip rumah panggung, seperti halnya dengan kebanyakan rumah tradisional daerah lain di indonesia. Rumah adat bengkulu bubungan lima terdiri atas tiga bagian yaitu ada bagian atas, bagian tengah dan bagian bawah. Rumah adat bengkulu bubungan lima ini, cuma ditempati oleh para tetua atau penghulu adat sekaligus keluarganya.

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Rumah Adat Bubungan Lima Bengkulu, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://greatnesia.com/