Rekomendasi 5 Desain Minimalis untuk Dapur di Berbagai Jenis Hunian

0
31
dapur minimalis

Desain minimalis bukan cuma cocok dipakai buat hunian dengan lahan terbatas. Anda yang mempunyai rumah luas pun bisa menggunakannya. Selain simpel, konsep ini juga fleksibel karena dapat dipakai di berbagai ruangan, salah satunya dapur. Kira-kira, desain minimalis seperti apa yang bakal membuat dapur Anda enak dipandang mata? Temukan aneka ide desain dan gambar dapur minimalis di Polarumah.com.

Konsep Galeri

Ingin menciptakan nuansa bak galeri di dapur? Buat konsep galeri dengan menempatkan dua meja saling berhadapan, lalu pastikan ada jalan setapak di antara keduanya. Posisi ini akan membuat Anda mudah menjangkau peralatan dapur dan leluasa bergerak saat menyiapkan makanan.

Selain itu, konsep galeri direkomendasikan buat Anda yang tak memakai banyak peralatan dapur dan mempunyai lahan terbatas.

Manfaatkan Lemari Besar

Lemari besar (wardrobe) dan dapur adalah dua hal yang sulit dipisahkan untuk desain ruangan tersebut. Maka dari itu, Anda yang senang menata barang-barang di tempat besar bisa memakai lemari berukuran besar sekaligus menjadikannya sebagai dekorasi unik.

Supaya tampilannya tak membosankan, berikan ornamen dan label penanda yang memudahkan Anda mengambil peralatan atau bahan baku makanan.

Bentuk U

Berikutnya, ada desain minimalis berbentuk U yang terdiri atas tiga dinding. Satu dinding dipakai untuk meja panjang yang dapat Anda manfaatkan untuk menaruh rak, bak cuci piring, serta menata makanan.

Kemudian, di meja lainnya ditempatkan kompor serta wadah menyimpan peralatan. Sementara satu dinding lagi untuk lokasi dan lemari pendingin. Jenis desain ini bakal sesuai untuk lahan ukuran sedang atau luas.

Bentuk L

Bisa dikatakan bentuk L adalah desain dengan tata letak efisien dan bisa Anda gunakan untuk menambah sentuhan modern di dapur. Ada dua dinding yang dapat digunakan. Dinding panjang biasanya disiapkan untuk area persiapan makan dan tempat bersih-bersih.

Jadi, Anda bisa taruh lemari pendingin, rak, serta bak cuci piring. Di dinding satunya lagi, taruh kompor tanam atau alat masak lain. Pembagian seperti ini bakal meningkatkan efisiensi kerja Anda di dapur.

Bentuk G

Seperti bentuk U, dapur yang mengusung konsep bentuk G dibagi ke tiga area. Anda bisa pakai salah satu area untuk tempat menyiapkan makanan dan pembersihan. Kemudian di area lain dapat dipasangkan kompor tanam, sedangkan di area berikutnya untuk kitchen island sekaligus meja makan.

Dapur yang memakai konsep ini akan mengurangi risiko wadah terjatuh dan Anda dapat bergerak cepat saat harus mengurus hidangan sendiri.

Jangan lupa memperhatikan kombinasi warna dan material furnitur, ya! Desain minimalis umumnya hanya menggunakan dua sampai tiga warna yang selaras. Cek juga arah pencahayaan dan sirkulasi udara supaya asap hasil Anda masak keluar dengan mudah.

Tinggalkan Balasan