Pesona Danau Labuan Cermin

0
24
danau labuan cermin

Selain main di Pantai atau Sungai, berwisata di Kalimantan Timur juga bisa mencoba bersenang-senang di Danau Labuan Cermin. Danau tersebut sudah berhasil memukau para wisatawan, keunikannya yakni air laut dan air tawar bertemu sehingga rasanya jadi lebih unik.

Hampir setiap hari libur atau weekend, Dana Labuan ramai pengunjung yang tidak pernah bosan menikmati keindahannya. Wisata danau ini menjadi salah satu wisata andalan di Kalimantan Timur.

Jadi, Bagi Anda yang berkunjung ke Kalimantan Timur sebaiknya jangan lupa untuk mengunjungi Danau Labuan. Tak lengkap rasanya jika belum berkunjung kesana dan merasakan segarnya air danau yang unik.

Dimana Lokasi Danau Labuan Cermin?

Bukan pantai atau pegunungan, danau ini membuat kagum siapapun yang melihat dan berkunjung kesana. Letaknya berada di Desa Labuan Kelambu, lebih tepatnya Kecamatan Biduk-biduk, Berau, Kalimantan Timur.

Jika ditempuh dari Kabupaten Berau, maka membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam perjalanan. Meskipun perjalanan sejauh itu, para pengunjung tidak akan kecewa karena suguhan alamnya yang begitu indah. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar tuntas setelah sampai di Lokasi.

Jika menggunakan akses pesawat maka bisa menuju ke Berau, transit dahulu di Balikpapan. Sebaiknya memilih penerbangan yang ter-connecting langsung agar tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan isi bagasi di Bandara Sepinggan.

Setelah sampai di Bandara Kalimarau Berau, Anda bisa menggunakan mobil sewaan ke Biduk-biduk. Persiapkan obat anti mabuk, karena akses jalannya dikhawatirkan masih rusak dengan jarak tempuh sekitar 5-7 jam perjalanan.

Untuk sampai di Labuan Cermin, dilanjutkan dengan menyewa kapal dengan tarif pulang pergi sekalilgus.

Dua Jenis Air Menyatu, Pesona Alam Yang Indah

Perjalanan jauh hingga berjam-jam kini terbayarkan karena panorama indah yang ditawarkan oleh Danau Labuan Cermin. Air danau sungguh bersih dan jernih bahkan dasar danau pun terlihat dengan sangat jelas. Dasar danau ini berupa pasir air laut, ketika matahari menyinarinya akan membiaskan cahaya.

Nah, dari latar belakang itulah nama Danau Labuan Cermin digunakan. Saking jernihnya, ketika Anda berdiri di samping danau pantulan diri Anda akan terlihat jelas di Danau.

Yang unik dari danau yang jernih ini adalah perpaduan air laut dan air tawar. Labuan Cermin memiliki sumber mata air yang berasal dari sekitar dinding karts. Di permukaan atasnya terasa air tawar seperti danau pada umumnya.

Namun mulai dari kedalaman tiga meter ke bawah, barulah rasa air mulai berubah. Air danau akan terasa lebih asin seperti air laut, keunikan fenomena ini yang membuat Labuan Cermin seperti memiliki lapisan pemisah. Maka tidak heran jika sinar matahari yang masuk justru bisa dipantulkan kembali.

Danau Labuan Cermin memiliki air berwarna hijau kebiruan yang jernih dan enak dipandang. Bahkan ketika sinar matahari memantul akan terlihat buliran air sebening Kristal. Dari kejauhan juga terlihat seperti ladang Kristal yang menumpuk.

Untuk menikmati keindahan danau, Anda bisa naik perahu dan perhatikan biota danau hingga ke dasarnya. Hati-hati, dasar danau yang terlihat dari atas memang seperti dangkal, namun itu hanya tipuan mata. Kedalaman danau mencapai 4-5 meter, perlu kemampuan berenang yang cukup jika mau bermain air disana.

Benar-benar memberikan relaksasi yang berbeda ketika berkunjung ke Labuan Cermin. Pemandangan sekitar danau sangat menenangkan, dipenuhi rimbunan pepohonan yang membuat suasana lebih teduh. Lebih tepatnya bisa digunakan untuk rehat sejenak dari berbagai aktivitas padat berupa pekerjaan atau bisnis.

Danau Labuan Cermin yang berada di Kalimantan bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Danau yang memberikan sensasi berbeda dibandingkan dengan danau pada umumnya.

Tinggalkan Balasan