Menikmati Keindahan Alam Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

0
169

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang kaya akan keindahan alamnya. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta adalah Hutan Pinus Mangunan. Terletak di desa Dlingo, Bantul, Hutan Pinus Mangunan menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang menyejukkan, tempat ini menjadi destinasi wisata favorit bagi para pelancong yang ingin menikmati keindahan alam Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo jadi salah satu lokasi yang sedang hits di Yogyakarta belakangan ini. Ini adalah hutan lindung yang dijadikan sebagai lokasi wisata bertemakan alam. Cocok sekali dikunjungi untuk menghilangkan penat.

Di dalam hutan ini berisi jejeran pohon pinus yang menjulang tinggi. Pohon pinus ini yang menarik wisatawan untuk mengunjungi dan berfoto.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Tiket masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo terbilang cukup murah, yaitu sebesar Rp5.000 saja. Dengan harga tiket masuk yang murah, tidak heran destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung sejak dibuka pada 2014 lalu.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Untuk menuju lokasi wisata, kamu akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Aksesnya mudah dijangkau. Bisa menggunakan Google Maps dengan keyword “Hutan Pinus Mangunan Dlingo”. Kawasan ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Jam Buka Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Lokasi wisata ini buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 17.30. Tempat ini umumnya ramai pengunjung saat akhir pekan atau hari libur nasional.

Aktivitas Di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Lokasi wisata ini memiliki luas 500 hektar dan dikelola oleh masyarakat setempat. Kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan terbebas dari polusi. Lokasinya pun bersih dan steril dari berbagai jenis sampah. Ini cocok untuk dijadikan lokasi piknik dengan keluarga.

Sebelum mengunjunginya, kamu disarankan untuk membawa payung atau jas hujan. Sebab, lokasinya berada di alam terbuka. Ini memungkinkan hujan turun kapan pun.

Berikut ini rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan di Hutan Pinus Mangunan Dlingo:

1. Berswafoto dengan Keluarga atau Teman

Belum lengkap rasanya jika belum berswafoto dengan background pohon pinus yang menjulang tinggi.

Bagi kalian yang hobi mengunggah foto di laman media sosial, kawasan ini menjadi spot foto terbaik. Bukan hanya background pohon pinus saja, di sini juga tersedia rumah pohon dan panggung alam.

Konstruksinya dibuat dari kayu dan terletak di tengah hutan pinus. Panggung ini terkadang dijadikan untuk acara sekolah alam.

Panggung dilengkapi dengan gardu yang bisa dinaiki oleh maksimal 2 orang. Dari atas gardu, kalian bisa melihat pemandangan alam yang lebih luas.

2. Rebahan di Atas Hammock

Pihak pengelola menyediakan hammock untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam sembari rebahan. Pengelola mematok tarif sewa sebesar Rp10.000 per hammock. Di sini Moms bisa menikmati teduhnya pepohonan. Hammock menjadi salah satu spot favorit pengunjung, karena bisa beristirahat sejenak setelah berjalan-jalan. Ini sedang trend di kalangan traveler. Warna-warni hammock memberikan kesan kontras dengan warna alam di sekitarnya.

3. Taman Bunga

Setelah menyusuri jalan setapak di sana, kalian bisa menemukan hamparan bunga berwarna-warni. Taman ini terletak di sisi selatan kawasan hutan pinus. Pemandangannya mengarah pada perbukitan di area selatan Yogyakarta. Dari sini tidak terlalu tampak pemandangan hutan pinus, tapi kamu bisa menyaksikan pemandangan lain yang tak kalah menarik.

4. Berkemah di Tengah Hutan

Untuk kamu yang hobi berkemah dengan keluarga, pihak pengelola menyediakan lokasi khusus. Ini bisa jadi pengalaman baru untuk kalian dan keluarga yang belum pernah merasakan sensasi bermalam di tengah hutan pinus.

Keesokan harinya, kalian bisa merasakan sensasi offroad dengan menyewa jeep wisata di sekitar lokasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here