Mengenal Sejarah Bendera Merah Putih

0
9
sejarah bendera merah putih

Sang saka merah putih adalah bendera Nasional Indonesia. Seperti halnya yang kita ketahui dari sejarah nusantara, Sang Saka Merah Putih dijahit sendiri oleh ibu Fatmawati (istri presiden Soekarno). Bahkan, awalnya kain yang digunakan untuk membuat bendera kehormatan bangsa Indonesia ini merupakan kain sprei dan kain tenda warung.

Akan tetapi selain informasi tersebut, ada tidak sih sejarah bendera merah putih yang wajib diketahui dan dipelajari dengan seksama? Mau tahu sejarah lengkap tentang Sang Saka Merah Putih? Simaklah penjabarannya melalui ulasan berikut ini.

Sejarah

Tahukah kamu? Bahwa sejarah bendera merah putih sudah dimulai sejak jaman kerajaan. Hal ini dikarenakan bendera merah putih telah digunakan oleh kerajaan-kerajaan kuno yang pernah berdiri di Indonesia. Dalam sejarahnya ini, warna merah putih diambil dari mitologi Austronesia. Warna merah berarti tanah dan warna putih berarti langit. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa warna merah putih diambil dari panji Kerajaan Majapahit. Panji ini terdiri atas sembilan garis merah dan putih.

Pertama Kali Dikibarkan

Sang saka merah putih pertama kali dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Tepatnya pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta (kediaman Presiden Soekarno). Setelah saat itu, bendera merah putih hanya dikibarkan setiap tanggal 17 Agustus. Namun, itu hanya berlaku selama 12 tahun atau lebih tepatnya dari tanggal 1946 – 1948. Hal tersebut, disebabkan sang saka merah putih robek. Sehingga sejak tahun 1969 bendera merah putih tidak lagi dikibarkan dalam upacara peringatan kemerdekaan Indonesia. Sampai saat ini, Sang Saka Merah Putih disimpan di Istana Merdeka.

Semenjak itu, bendera yang dikibarkan dalam upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia, diganti dengan Bendera Merah Putih duplikat. Sedangkan Sang Saka Merah Putih hanya mendampingi proses pengibarannya. Bendera duplikat ini, dibuat dari kain sutera yang halus.

Makna

Tanpa kamu sadari, sebenarnya makna bendera Merah Putih cukup dalam. Bendera merah putih ini, melambangkan semangat perjuangan bangsa Indonesia untuk lepas dari penjajahan. Warna merah pada bendera bermakna keberanian. Keberanian dalam melawan penjajah. Sedangkan warna Putih bermakna kesucian.  Kesucian ini, melambangkan niat suci dan rakyat Indonesia untuk membela dan memperjuangkan kemerdekaannya.

Selain itu, pengibaran bendera merah putih pada upacara bendera setiap hari Senin juga memiliki makna yang cukup dalam. Makna pengibaran bendera ini, yaitu untuk mengenang jasa para pahlawan dan mensyukuri kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu bendera merah putih juga telah ditetapkan sebagai bendera Nasional Indonesia. Penetapan tersebut tertuang dalam pasal 35 Undang Undang Dasar 1945.

Nah, itulah sekilas tentang sejarah dari bendera nasional Indonesia. Bagaimana? Apakah kamu lebih paham tentang sejarah bendera merah putih, atau sebaliknya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here