Rekomendasi Makanan Khas Blitar yang Pastinya Menggugah Selera

0
7
nasi ampok makanan khas blitar

Blitar selain menyajikan berbagai destinasi wisata yang tak terlupakan, kota kecil yang berada di selatan provinsi Jawa Timur ini juga menawarkan berbagai olahan makanan khas yang enak. Jadi, tak ada salahnya saat berkunjung ke Blitar bisa coba berbagai rekomendasi makan khas yang menggugah selera makan kalian.

1. Nasi Ampok

Makanan pokok masyarakat Indonesia sangat bermacam macam, tapi umumnya adalah nasi yang berasal dari beras padi. Sedangkan Nasi Ampok adalah makanan pokok yang berasal dari bahan jagung. Dahulu orang menjadikan nasi Ampok sebagai pengganti nasi beras, sebab harga beras saat itu yang dirasa mahal oleh sebagian masyarakat. 

Nasi Ampok disajikan dengan sayur daun ketela rebus, ikan asin dan sayur lodeh. Namun sekarang makanan ini masih eksis walaupun sudah tidak jadi makanan pokok masyarakat. 

2.  Uceng Goreng 

uceng goreng makanan khas blitar

Uceng adalah nama ikan yang biasa oleh masyarakat blitar diolah menjadi makanan yang enak. Biasanya mereka cukup memberikan bumbu dan menggorengnya hingga kering dan crispy. atau olahan lain berupa Bothok Uceng, atau ikan uceng yang di kukus bersama parutan kelapa muda yang biasanya dibungkus dengan daun pisang. Cocok kalau disantap dengan nasi hangat, rasa yang gurih kelapa dan nikmatnya ikan Uceng akan mendominasi menu makanan ini. Selain digoreng uceng biasanya juga dibuat peyek. 

3. Es Drop

Biasa dikatakan ini es krim jadul khas Blitar. Es Drop berbentuk lonjong, dengan pegangan dan dibungkus dengan kertas. Penjual es ini akan berkeliling dengan sepeda yang beri semacam gerobak kecil untuk meletakkan termos yang berwarna merah.  Rasa es drop ini bermacam macam kalian tinggal memilih rasa yang disukai. Penjual es drop ini ada disekitar Wisata Makam Bung Karno, alun alun kota dan lainnya.  Es ini telah ada sejak dahulu namun para penjualnya sangat menjaga rasa yang sampai sekarang tidak berubah. 

4. Es Pleret

es pleret blitar

Bagi kalian mungkin ini nama yang aneh, tapi dijamin rasanya bakal nagih. Es ini biasa dijumpai disekitar alun alun kota Blitar. Yang disebut pleret adalah adonan dari tepung beras yang dicetak menyerupai dawet. penyajiannya adalah dengan menguyur pleret tersebut dengan santan, kemudian diberikan gula merah atau sirup dan tambah es batu. Sangat cocok dinikmati saat siang hari, sembari mendinginkan tenggorokan yang kering. 

6. Geti

geti blitar

Jika berkunjung ke Blitar dan kalian bingung mencari oleh oleh manis maka tak ada salahnya kalian mencari olahan Geti ini. Kuliner tradisional khas Blitar ini terbuat dari kacang tanah, wijen dan gula merah sebagai rasa manis. Perpaduan gurih kacang dan wijen serta manis dari gula membuat banyak orang menyukainya. Jajanan ini terjual di berbagai toko pusat oleh-oleh khas Blitar 

7.  Nasi Pecel 

nasi pecel makanan khas blitar

Mungkin nasi pecel sudah menjadi kuliner yang mudah dijumpai di berbagai nusantara. Namun perbedaan sambel pecel blitar dengan sambal pecel daerah yang lain adalah soal rasa. Pada nasi pecel khas Blitar, sambalnya tidak terlalu manis, dan kacangnya tidak begitu halus. Jadi saat makan ada sensasi yang berbeda. Adapun bahan pembuatan sambel pecel ini antara lain kacang tanah yang telah disangrai, kencur, daun jeruk, bawang putih, gula merah, garam, dan cabai rawit untuk rasa pedasnya. 

Jadi, tak ada salahnya untuk kalian yang sedang berkunjung ke Blitar menikmati hidangan dan olah makanan khas Blitar tersebut. Pasti makanan rekomendasi itu bakalan bikin nagih karena cita rasa yang khas dari Blitar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here