Mengenal Pakaian Adat Sulawesi Selatan

0
18
pakaian adat sulawesi selatan

Sejak dahulu Sulawesi Selatan memang menjadi wilayah yang mempunyai budaya cukup populer. Dimulai dari pakaian adat Sulawesi Selatan hingga bentuk atau model rumahnya semuanya membawa keunikan yang tidak dipunyai oleh daerah lain.

Corak yang paling khas yakni ketimur-timuran yang dikombinasikan oleh corak warga aslinya. Pembahasan kali ini lebih mengarah pada pakaian adatnya, untuk itu silahkan simak baik-baik penjelasannya.

6 Pakaian Adat Sulawei Selatan yang Wajib Diketahui

Baju Seppa Tallung

pakaian adat seppa tallung toraja sulawesi selatan

Baju Seppa Talung adalah pakaian adat Sulawesi Selatan Toraja yang hanya diperuntukkan oleh kaum laki-laki. Ciri khas yang ada pada baju ini adalah ukurannya yang cukup panjang yakni mencapai lutut dengan serangkaian aksesoris yang menghiasinya. Adapun pemilihan aksesoris ini tidaklah sembarangan karena hanya ada beberapa saja seperti gayang, kandaure, dan lipa’.

Sementara itu pakaian adat yang satu ini sangat menyita perhatian publik bahkan sampai dunia, lebih tepatnya di acara Manhut Internasional Korea Selatan pada tahun 2011 lalu. Menggandeng keunikan yang khas dari segi akseseoris maupun warna membuat masyarakat mancanegara memberikan apresiasi positif terhadap hasil karya adat bangsa.

Baju Tutu

baju adat tutu sulawesi selatan

Pakaian adat untuk laki-laki di suku Bugis bernama Baju Tutu. Dibandingkan dengan yang lain pakaian ini terbilang lebih modern karena bentuknya menyerupai jas. Biasanya orang yang mengenakannya haruslah disetelkan bersama celana, lipa garusuk, maupun sarung. Tak sampai disitu saja karena baju ini juga dilengkapi dengan tutup kepala yang disebut songkok.

Jas tutu mempunyai model lengan panjang dan berkerah dengan kancing berwarna emas maupun perak. Kerah akan terpasang sempurna di bagian leher baju sehingga ketika dipakai dapat memancarkan aura klasik dan mempesona. Masyarakat yang menggunakan pakaian adat ini lebih sering untuk acara-acara sakral maupun resmi seperti pernikahan.

Pattuqduq Towaine

baju adat Pattuqduq Towaine

Nama dari pakaian adat yang satu ini terbilang cukup aneh dan sulit diucapkan. Adapun asal baju ini dari Suku Mandar, yang hanya akan dipakai ketika terdapat acara pernikahan maupun saat menari Pattituq. Perlu diketahui juga bahwa ada berbagai jenis untuk busana yang satu ini. Adapun seperti Lipaq Saqbe, Lipaq Aqdi, dan sebagainya.

Baju Bodo

baju bodo

Pada awalnya Baju Bodo mempunyai model yang sangat sederhana dan simpel. Busana ini dimiliki oleh Suku Bugis dengan keunikan yang mempesona dan menarik setiap warga yang melihatnya. Pakaian ini lebih identik digunakan oleh wanita karena bentuknya segi empat dengan bagian lengan yang tidak panjang alias pendek. Faktanya busana Bodo menjadi yang tertua karena sudah ada 100 tahun yang lalu.

Baju Pokko

pakaian adat pokko sulawesi selatan

Baju Pokko merupakan pakaian adat Sulawesi Selatan yang biasa dipakai oleh suku Toraja untuk para kaum wanita. Ciri-ciri utamanya yakni lengannya pendek dengan paduan warna yang mencolok seperti putih, merah, dan kuning. Pada umumnya baju ini akan digunakan bersama perhiasan-perhiasan dan manik-manik sebagai pelengkapnya.

Manik-manik akan ditempatkan pada bagian dada, kemudian dipadukan bersama ikat pinggang maupun kepala, serta gelang. Jika diamati lebih dalam Baju Pokko lebih mirip dengan batik ala Sulawesi Selatan. Untuk itu kegunaannya sendiri bisa ditebak yakni hanya dikenakan pada acara-acara tertentu yang formal.

Itulah tadi penjelasan tentang beberapa pakaian adat Sulawesi Selatan yang wajib diketahui karena mempunyai kekhasan tersendiri. Indonesia memang kaya oleh budaya maupun adat sehingga tidak mengherankan jika baju tertua di dunia dimiliki oleh negara ini. Untuk itu sebagai rakyatnya kita wajib dalam menjaga dan melestarikan keberadaannya supaya dikenal oleh anak cucu nanti.

Rendang Daun Singkong - Cuk.bi

Tinggalkan Balasan