Kebudayaan Daerah Di Indonesia

0
59
kebudayaan daerah di indonesia

Sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki Negara kepulauan yang begitu kaya tentunya kita harus berbesar hati dan merasa bangga dengan karunia yang dimiliki. Indonesia tidak hanya indah dari segi alamnya saja, namun juga indah dari segi ragam budaya Indonesia. Karena itulah banyak wisatawan dari luar negeri merasa jatuh cinta dengan Negara ini dan bahkan memutuskan untuk menetap di Indonesia setelah mengunjungi Negara Indonesia secara langsung. Ada banyak hal yang menjadikan kebudayaan daerah di Indonesia menjadi begitu beragam. Rasanya kita sendiri sebagai masyarakat Indonesia akan selalu takjub saat mendapati budaya daerah lain yang baru kita kenali. Adanya ragam kebudayaan di Indonesia ini banyak dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berikut ini :

Suku Bangsa yang Beragam

Meski masyarakat Indonesia terlahir dari satu rumpun yang sama, namun Indonesia memiliki suku bangsa yang berbeda-beda. Hal inilah yang menjadikan kebudayaan daerah di Indonesia menjadi begitu beragam. Apalagi Indonesia merupakan Negara kepulauan yang antara satu pulau dipisahkan oleh lautan, dengan demikian dahulu masing-masing pulau itu memiliki masyarakatnya masing-masing yang tentunya memiliki pemikiran yang berbeda dan kepercayaan yang berbeda-beda. Akhirnya hal itulah yang membuat ada begitu banyak suku bangsa di Indonesia dengan adat istiadat yang berbeda. Ditambah lagi dulu tentunya karena tidak adanya transportasi yang cepat menjadikan komunikasi antara masyarakat di berbagai daerah menjadi terbatas.

Letak Geografis

Masih menyambung dari pembahasan sebelumnya tentang kebudayaan daerah di Indonesia yang beragam, tentunya bisa dilihat bahwa munculnya kebudayaan daerah di Indonesia yang beragam itu dikarenakan oleh letak geografis Indonesia. Contohnya saja suku yang tinggal di daerah pegunungan, berdasarkan geografisnya maka dulu mempercayai bahwa gunung berperan penting dalam kelanjutan hidup mereka sehingga mereka melakukan banyak upacara adat yang berkaitan dengan gunung yang memberkahi wilayah mereka yang subur, begitu juga dengan masyarakat yang tinggal di pesisir maka akan memiliki upacara yang berkaitan dengan laut yang telah memberikan banyak hasil yang melimpah untuk kelangsungan hidupnya.

Kepercayaan Masyarakat Indonesia sebelum masuknya agama Islam, kebanyakan masyarakatnya menganut agama Hindu atau Budha yang dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan di zaman dulu. Oleh karena itu bermunculanlah kebudayaan daerah di Indonesia yang terpengaruh dengan kepercayaan masyarakat pada saat itu. Misalnya saja masyarakat Bali, bisa dilihat dari berbagai unsur adatnya memiliki nilai-nilai yang amat dekat dengan kepercayaan Hindu yang sejak dulu dianut oleh masyarakat di sana. Hingga saat ini pun kepercayaan dan tradisi itu masih dipegang erat serta mempengaruhi pembentukan kebudayaan yang ada di Negara kita, Indonesia. Semua budaya itu wajib kita jaga karena merupakan jati diri bangsa Indonesia sejak zaman nenek moyang kita terdahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here