Adat Istiadat Daerah Indonesia

1
9
adat istiadat daerah

Di Indonesia, kita mengenali adanya ragam budaya Indonesia yang ratusan jumlahnya. Dunia pun mengakui keberagamaan yang ada di Indonesia ini sebagai sesuatu yang unik dan patut dijaga. Di dalam kebudayaan itu ada yang dikenal sebagai adat istiadat daerah. Pada dasarnya adat istiadat ini mencerminkan kepribadian dan perilaku masyarakat di suatu daerah yang sama. Karena Indonesia memiliki banyak sekali budaya di setiap daerahnya maka dari itu tentunya ada banyak sekali adat istiadat daerah yang dianut oleh masyarakat di Indonesia. Seperti misalnya saja adat istiadat daerah yang ada di Pulau Jawa tentunya akan berbeda dengan yang ada di Pulau Sumatra. Itu pun biasanya dalam satu pulau juga terdapat masing-masing budaya yang digunakan oleh masyarakatnya. Bergeser sedikit saja ke daerah lain maka Anda bisa menemukan adat istiadat yang berbeda.

Gambaran Adat Istiadat Di Pulau Jawa

Dahulu sebelum masuknya ajaran Islam di Pulau Jawa dominan dengan budaya dari agama Budha atau Hindu sesuai dengan kerajaan yang berkuasa kala itu. Namun seiring berjalannya waktu maka terjadi perubahan pada nilai-nilai masyarakatnya yang dipengaruhi oleh masuknya agama Islam di Pulau Jawa. Mulai dari pernikahan, kematian, kelahiran dan berbagai adat istiadat daerah yang dianut menjadi berubah dengan masuknya ajaran Islam. Misalnya di daerah Yogyakarta dikenal adanya Sekaten yang merupakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang hingga saat ini masih diadakan setiap tahunnya. Pada saat sekaten dilaksanakan maka akan terdapat pawai gunungan. Pawai ini membawa berbagai macam makanan yang nantinya bisa dibagi bersama dengan semua masyarakat.

Gambaran Adat Istiadat Di Pulau Sumatra

Bisa dikatakan bahwa Pulau Sumatra lebih dulu dijamah oleh agama Islam, terbukti dengan berdirinya kerajaan Islam pertama di Aceh kala itu. Maka dari itu adat daerah Sumatra terasa lebih kental pengaruh islamnya. Contoh adat istiadat yang ada di Pulau Sumatra misalnya tradisi ngobeng yang merupakan tradisi yang ada di daerah Palembang. Inti dari tradisi ini adalah memuliakan tamu yang datang dengan cara menyajikan berbagai menu makanan demi memuliakan tamu tersebut. Meski mungkin istilahnya sedikit berbeda, namun adat ini juga dianut oleh beberapa daerah di sekitar Palembang yang pada intinya melaksanakan adat untuk memuliakan tamu.

Gambaran Adat Istiadat Di Pulau Kalimantan

Meski berbeda pulau namun terkadang ada beberapa adat yang hampir mirip antara satu sama lainnya. Seperti misalnya mitoni yang merupakan adat yang dilaksanakan pada acara kehamilan 7 bulanan. Serupa dengan adat mandi tian mandaring yang ada di Pulau Kalimantan. Keduanya sama-sama mendoakan kelancaran kehamilan si ibu yang sudah memasuki bulan ketujuh. Selain beberapa adat istiadat yang disebutkan di atas pun masih ada banyak adat istiadat lainnya di Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara dan lainnya. Rasanya tak akan habis dibahas satu persatu.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here