Cara Merawat Kaktus di Luar Dan di Dalam Ruangan

0
37
cara merawat kaktus

Kaktus merupakan tanaman yang menarik dan cantik. tanaman kaktus dapat diletakkan di dalam rumah atau di luar rumah. Kaktus cukup membutuhkan perawatan yang mudah dan tidak terlalu sulit dibandingkan tanaman lainnya. Namun cara merawat kaktus juga perlu diperhatikan. 

Berikut ini tips cara  merawat kaktus agar tidak mudah busuk dan tumbuh dengan subur antara lain:

Suhu tempat 

Tanaman kaktus sebaiknya ditempatkan di tempat yang sejuk dan tidak lembab. Sebab kaktus dapat berkembang dengan baik dalam suhu yang pas. Untuk itu hindari meletakkan kaktus di tempat dengan suhu terlalu dingin karena dapat menyebabkan kaktus menjadi busuk.

Hindari juga tanaman kaktus dari suhu yang terlalu kering karena kaktus akan mudah layu dan menjadi mati. 

Siram dengan air secukupnya 

sebagian orang masih beranggapan bahwa tanaman akan subur jika disiram dengan air terus-menerus. Namun tidak begitu dengan kaktus. Agar kaktus tetap subur dan segar, cukup siram kaktus dengan air secukupnya saja dan tidak perlu disiram setiap hari.

Cukup sirami kaktus secara rutin satu kali dalam 3 hari atau seminggu sekali saja. Sebab jika disiram dengan air tersebut akan membuat kaktus lebih mudah membusuk. 

Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung

kaktus adalah tanaman kering yang dapat tumbuh di tempat yang tandus sekalipun. Akan tetapi sebaiknya letakkan tanaman kaktus di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Justru jika terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, kaktus akan menjadi kering dan mati. 

Media tanam kaktus

kaktus sebaiknya ditanam dalam pot atau tempat yang sesuai dengan ukuran kaktus. Menanam kaktus juga sebaiknya menggunakan tanah dan pupuk kompos yang pas dengan tekstur yang tidak terlalu padat. Tanah yang padah justru akan menyebabkan kaktus tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Selain menjadi tanaman hias di taman, kaktus juga dapat menjadi hiasan dekoratif di dalam rumah. kaktus di dalam rumah biasanya berukuran kecil dengan media yang kecil pula. Diatas telah dijelaskan tips cara merawat kaktus di luar ruangan. Cara merawat kaktus di luar ruangan berbeda dengan di dalam ruangan. Berikut ini tips merawat kaktus di dalam ruangan antara lain:

Penyinaran yang cukup

Kaktus yang berada di dalam ruangan harus mendapatkan penyinaran yang cukup. Anda bisa meletakkan kaktus di dekat jendela sehingga tetap mendapatkan penyinaran dengan baik. 

Komposisi media tanam yang tepat

Cara merawat kaktus di dalam ruangan dapat memasukkan kerikil di dasar pot sebagai drainase. Kemudian diatasnya diletakkan tanah, pasir kasar, dan serbuk arang. Serbuk arang sangat baik digunakan untuk media tanam kaktus karena memiliki struktur yang berongga sehingga dapat menjaga dan mempertahankan kesehatan kaktus. 

Rutin memberi pupuk 

Kaktus merupakan tanaman yang tidak membutuhkan banyak pupuk. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli pupuk. Kaktus cukup membutuhkan pemupukan setahun sekali saja tepatnya pada saat musim hujan datang. Saat proses pemupukan sebaiknya juga dilakukan dengan hati-hati, karena jika tidak fisik kaktus akan menjadi rusak. Sedangkan pupuk yang baik adalah pupuk kompos. 

Cara merawat kaktus tersebut harus dilakukan dengan baik secara rutin. Dengan demikian kaktus akan berkembang dengan baik, sehat, dan segar. Anda juga bisa berkreasi dengan penataan tanaman kaktus agar taman atau ruangan menjadi lebih cantik.