7 Pantai di Blitar yang Syarat Akan Keindahan

0
5
pantai tambakrejo blitar

Blitar selatan merupakan daerah yang dekat dengan jalur pantai selatan. Oleh karena itu selain Malang selatan, wisata pantai juga banyak ditemukan ada di Blitar Selatan. Berikut ini rekomendasi 7 tempat wisata di Blitar Selatan yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan atau sekedar ingin menikmati keindahan pantainya Blitar.

1. Pantai Tambakrejo

Pantai ini cukup populer bagi warga Blitar, pantai yang berada di kecamatan wonotirto ini memang layak untuk di kunjungi. Ada bagian yang berpasir jadi cocok untuk bermain anak anak, ada bagian demaga, disana pengunjung bisa melihat banyaknya perahu nelayan dan bagian banyaknya batu besar untuk memecah ombak. Kalian juga tak perlu khawatir saat kelaparan ditempat ini, sebab warung pinggir pantai sangat banyak, beberapa juga menyediakan makanan khas dari ikan laut. Kamar mandi sekaligus tempat beribadah juga telah tersedia disekitar pantai ini. sungguh menarik, bukan?. 

2. Pantai Serang

pantai serang blitar

Bagi masyarakat sekitar Blitar, pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling banyak untuk dikunjungi. Pantai yang berada di daerah serang, Kecamatan panggungrejo ini memiliki pasir yang putih dan ombak yang tidak begitu besar. Jadi, cocok bagi kalian yang hendak bermain dan berenang dipantai ini. Selain itu tiap tanggal 1 Suro berdasarkan penanggalan Jawa pantai ini akan digunakan sebuah ritual larung Saji. Pada kegiatan ini maka masyarakat akan memotong kepala hewan ternak kemudian kepala hewan tersebut akan di hanyutkan ke laut selatan, ritual ini dipercaya sebagai tolak bala atau memberi keselamatan bagi warga sekitar.

Kegiatan ini diikuti oleh warga sekitar dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan diluar Blitar. Penasaran dengan Indahnya pantai serang dan kesakralan ritual 1 Suro? maka pastikan waktu liburan sesuai waktu larung saji diadakan.

3. Pantai Pangi

pantai pangi blitar

Pantai ini salah satu pantai memiliki pasir berwarna putih dan pemandangan yang indah. Di sekitar pantai terdapat beberapa penjual makanan dan tak jarang pengunjung juga membawa pembekalan dari rumah. Sembari menikmati udara segar di pantai dan pemandangan pantai yang dikelilingi bukit hijau, pengunjung juga bisa berpiknik bersama keluarga. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar jadi disarankan pengunjung untuk tidak berenang disini.

4.  Pantai Gondomayit

pantai gondomayit blitar

Walaupun terdengar memiliki nama agak seram pantai ini memiliki panorama yang sangat indah sekali dengan suasa yang masih sepi belum terlalu ramai pengujung. Pantai ini tak jauh dari pantai Tambakrejo jadi kalian bisa menyewa perahu dari pantai Tambakrejo ini untuk menuju ke pantai Gondomayit.

5. Pantai Peh Pulo

pantai peh pulo blitar

Berlokasi di desa panggungrejo kecamatan Bakung. Pantai ini dapat dijangkau lebih dari 1 jam perjalanan dari pusat kota Blitar. Walaupun termasuk jauh namun lelah perjalanan kalian akan terbayar dengan keindahan pantai ini. Pantai Peh Pulo terdiri atas pantai-pantai kecil yaitu pantai wedhi kembar, wedhi ombo dan wedhi ciut. 

6. Pantai Jolosutro

pantai jolosutro blitar

Lokasi pantai ini lebih kepada sebuah teluk yang dikelilingi tebing dan bakit berbatu yang terjal. Walaupun begitu tetap saja tidak memudarkan keindahan pantai ini malah membuat pantai semakin indah dan mengagumkan. Perpaduan pemandangan biru laut dan bukit batu ditumbuhi beberapa pohon berwarna hijau. Pantai ini berada dilokasi Ringinrejo, kecamatan Wates, Blitar

7. Pantai Pasur

pantai pasur

Pantai ini miliki pasir yang berwarna hitam layak pasir di pantai parangtritis Jogja. Walaupun begitu pantai ini tetap indah untuk dinikmati. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga pengunjung tidak diperkenankan berenang. Tapi kalian tetap bisa bermain dimuara sungai sebelah barat pantai ini.

Blitar memang kaya akan keindahan alamnya. Begitu pula wisata pantainya yang ada di Blitar. Beberapa lokasi pantai ini bisa menjadi destinasi berlibur sembari untuk menikmati keindahan alam dengan perpaduan deburan ombak dan keindahan pemandangan. Cocok bagi kalian yang tidak terlalu suka tempat yang terlalu bising.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here