4 Cara Merawat Ikan Koi

0
64
cara merawat ikan koi

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang digemari masyarakat karena warna ikannya yang cerah dan berwarna warni. Selain digemari karena keunikan warnanya, perawatan ikan koi juga tidak terlalu sulit. Bagaimana cara merawat ikan koi? Berikut ulasannya.

Cara Merawat Ikan Koi yang Baik dan Benar

Sebagai salah satu ikan hias air tawar yang punya nilai ekspor cukup tinggi pada tahun 2017 lalu yaitu sekitar 27,61 juta dolar. Ikan koi terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membudidayakannya. Namun, bagi Anda yang hanya senang atau hobi mengoleksi ikan hias, perlu mengetahui cara perawatan ikan yang satu ini, agar dapat memberi keberuntungan.

Karantina

Hal pertama dari cara merawat ikan koi yang harus Anda lakukan adalah melakukan karantina. Tujuan dari karantina tersebut adalah agar ikan dapat beradaptasi terlebih dahulu. Selain itu, jika ikan tersebut ternyata membawa bakteri dan kurang sehat, maka Anda dengan mudah menyingkirkan ikan tersebut, sehingga tidak mempengaruhi kesehatan ikan yang lain.

Perhatikan Kondisi Kolam

Ikan koi merupakan jenis ikan yang membutuhkan tempat yang luas untuk bergerak, oleh karenanya walau termasuk ikan hias, ikan ini sangat tidak disarankan ditempatkan di dalam akuarium seperti kebanyakan ikan hias lainnya. Ada baiknya Anda menempatkan ikan koi di kolam taman, kolam tanah atau kolam semen.

Cara merawat ikan koi selanjutnya adalah jika Anda baru membuat kolam dari semen, ada baiknya Anda tidak langsung memasukkan ikan koi ke dalam kolam semen tersebut. Karena kolam semen yang masih baru, pasti masih memiliki bau semen yang kurang bisa diterima oleh ikan koi.

Untuk itu sebelum memasukkan ikan koi ke dalam kolam semen, Anda harus menghilangkan bau semennya terlebih dahulu. Cara terbaiknya adalah dengan

menggunakan pelepah pisang, caranya dengan menutupi seluruh bagian yang terdapat semennya dengan pelepah pisang selama beberapa hari. Hasilnya bau semen pada kolam pasti akan menghilang.

Kondisi air dalam kolam juga perlu jadi perhatian, air tidak boleh mengandung klorin, selain itu air pada kolam harus selalu jernih dan tidak keruh. Untuk itu, Anda harus rajin mengganti air kolam sebanyak 1 minggu sekali. Walau begitu, cara merawat ikan koi yang baik adalah Anda tidak membuang seluruh air atau menguras bak hingga kosong dan kering, melainkan hanya mengganti airnya 10% saja.

Hal ini berfungsi untuk proses adaptasi ikan koi agar tidak mudah stress. Selain tingkat kejernihan air, perhatikan pula suhu air pada kolam, jangan sampai terlalu panas atau dingin. Jadi, kualitas air yang baik akan sangat berperan penting pada kesehatan dan kelangsungan hidup ikan koi.

Pemberian Makan

Cara merawat ikan koi yang ketiga adalah dengan mengatur pemberian makan, lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore. Selain itu, beri pakan yang mudah terjangkau harganya seperti sayuran kubis atau sawi, buah semangka, udang, cacing tanah atau cacing rambut.

Jumlah Ikan dalam Satu Kolam

Pembatasan dan pengaturan jumlah ikan koi dalam satu kolam sangatlah penting, hal ini bertujuan agar ikan dapat bergerak bebas dan leluasa. Dengan begitu pertumbuhan ikan pun tidak terhambat dan ikan akan cepat besar. Jadi, usahakan untuk tidak terlalu banyak menaruh ikan dalam satu kolam.

Demikian cara merawat ikan koi yang perlu Anda ketahui, tidak sulit bukan? Nah, jika Anda tertarik dengan cara merawat ikan koi ini? Belilah ikan koi dengan kualitas baik dan sehat ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini