10 Pemandangan Laut yang Indah di Indonesia

0
35
10 Pemandangan Laut yang Indah di Indonesia

Indonesia masih menjadi idola bagi para penikmat senja, kopi, seniman dan tentunya para wisatawan yang hobi traveling ke berbagai tempat. Pesona Indonesia dari mulai pegunungannya, perbukitannya, hingga lautnya sangat menarik hati siapa saja yang melihat. Apalagi pemandangan laut yang indah, membayangkannya saja sudah ingin segera pergi kesana.

Pemandangan laut yang indah dapat disaksikan di sepanjang wilayah laut Indonesia. Selain Raja Ampat di Papua dan Pantai Kuta di Bali, ada banyak lagi panorama laut yang memanjakan mata.

Laut menjadi destinasi wisata favorit. Apalagi Indonesia memiliki laut yang sangat luas. Keanekaragaman bawah laut yang seringkali menjadi daya tarik dan menjadi pengalaman yang berbeda.

Pemandangan Laut yang Indah

Pemandangan laut yang indah bisa kamu dapatkan dari Sabang sampai Merauke. Setiap laut yang ada di Indonesia memiliki keindahan dan ciri khas masing-masing. Nah, buat kamu yang ingin menikmati pemandangan laut yang indah, di bawah ini ada rekomendasi lokasi pemandangan laut yang bisa kamu kunjungi.

Pulau Weh, Aceh

pulau weh - pemandangan laut yang indah

Berangkat dari paling barat Indonesia, yakni Pulau Weh. Pulau Weh sudah lama dikenal dengan pemandangan laut yang indah melalui spot diving-nya. Buat kamu yang hobi diving, Pulau Weh adalah lokasi yang tepat untuk kamu.

Seperti di Batee Tokong yang menyediakan spot diving dengan jenis hiu dari beragam habitat. Selain itu di Pantee Peunateung yang menyimpan ribuan makhluk laut dengan beragam keindahannya, juga pemandangan laut yang indah tampak dari terumbu karangnya.

Kepulauan Mandeh, Sumatera Barat

pulau mandeh - pemandangan laut yang indah

Ada beberapa spot yang disajikan di Kepulauan Mandeh, dari puncak bukit hingga pemandangan laut yang indah. Keindahan puncak bukit itu dapat dilihat dari Pulau Cubadak, di sana terdapat puncak bernama puncak Paku dan puncak Mandeh.

Tak hanya itu di pulau Cubadak kita dapat menikmati pemandangan laut yang indah melalui snorkeling atau pun diving-nya. Bahkan wisata Mandeh digadang-gadang sebagai Raja Ampatnya Pulau Sumatera loh!

Tulamben, Bali

tulamben - pemandangan laut yang indah

Pulau Bali memang terkenal dengan keindahan lautnya. Salah satunya adalah sajian pemandangan laut yang indah di Tulamben dengan berbagai jenis ikan, terumbu karang, dan makhluk hidup laut lainnya. Takjubnya lagi, kamu dapat melihat langsung bangkai kapal USS Liberty yang karam.

Pantai Nihiwatu

pantai nihiwatu - pemandangan laut yang indah

Bukan hanya di pantai Tulamben, panorama laut yang indah disajikan oleh pantai Nihiwatu. Di pantai Nihiwatu terdapat ombak laut yang merupakan surga bagi para peselancar. Ombak lautnya yang ganas mendapat julukan Left God Waves dan disebut-sebut mengalahkan Pantai Hanalei Bay di Hawaii.

Selain kecepatan ombaknya yang sangat cepat, pantai berpasir putih ini memiliki pemandangan laut yang indah hingga mendapat peringkat 17 dari 100 pantai terbaik dunia versi CNN World’s 100 Best Beaches in The World.

Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

taman laut bunaken - pemandangan laut yang indah

Taman laut Bunaken terletak di perairan yang menghubungakan laut Papua dan laut Filipina dan disebut sebagai wilayah perairan segitiga emas. Taman Laut Bunaken merupakan tempat tinggal bagi sekitar 390 spesies terumbu karang, 95 spesies ikan, dan berbagai macam makhluk laut lainnya.

Airnya yang sangat jernih membuat siapa saja dengan mudah melihat keindahan coral dan aneka biota laut. Sehingga banyak orang mengatakan bahwa Bunaken adalah ‘surga di bawah air’.  

UNESCO bahkan telah menetapkan Taman Nasional Bunaken sebagai satu wilayah konservasi laut yang harus dijaga dan dilindungi.  Kamu juga bisa mengabadikan momen bersama biota laut dan 90 spesies ikan loh!

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

wakatobi - pemandangan laut yang indah

Taman Nasional Wakatobi dikenal sebagai tempat wisata bahari di Indonesia yang punya spesies ikan dan terumbu karang terbanyak di dunia, dibanding pusat-pusat selam dunia lainnya, seperti Pulau Karibia dan Laut Merah. Banyak orang mengagumi Wakatobi dan menjulukinya sebagai tempat menyelam terbaik.

Hingga saat ini setidaknya terdapat 750 dari total 850 spesies koral dunia memadati bawah laut kawasan ini. Tidak main-main, pemandangan laut Wakatobi yang indah pun tampak dari karang lautnya, hingga dikenal sebagai kawasan Karang Penghalang (Barrier Reef) terbesar di Indonesia.

Tak heran jika keindahan karang Wakatobi dinobatkan sebagai peringkat kedua dunia setelah Great Barrier Reef di Australia. Hal itu kemudian menetapkan Wakatobi sebagai salah satu kawasan cagar biosfer dunia oleh UNESCO.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

komodo fakta unik indonesia

Pulau Komodo juga salah satu surga bawah laut terkaya di dunia yang terletak di kawasan segitiga terumbu karang Asia Pasifik. Menariknya, kita dapat menyaksikan sendiri pemandangan laut yang indah di Taman Nasional Komodo melalui interaksi langsung dengan ikan pari manta, hiu, hingga dugong yang berhabitat disana.

Tak heran jika Taman Nasional Komodo hingga saat ini terus menjadi spot diving favorit di Indonesia. Satu di antaranya adalah Labuan Bajo. Siapa yang tak kenal dengan Laut Bajo yang eksotis ini? Tak diragukan lagi eksotisnya Labuan Bajo sehingga banyak dikunjungi wisatawan. Labuan Bajo juga telah ditetapkan sebagai wisata bahari 5 terbaik di Indonesia.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

pulau derawan kalimantan timur

Derawan adalah nama pulau sekaligus kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdapat 3 pulau di Kepulauan Derawan, dua yang lainnya adalah Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban. Melalui Pulau Derawan, kamu dapat menikmati diving terbaik saat berada di Kalimantan.

Pulau Derawan memiliki air laut yang biru jernih, pesona bawah laut yang indah, serta hamparan pasir putih, merupakan paket pemandangan laut yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Tak ketinggalan, ada keunikan lain di Kepulauan Derawan yakni Pulau Kakaban. Kamu bisa mencoba atraksi menyelam bersama ubur-ubur tanpa takut tersengat. Tentu saja ini akan menjadi pengalaman yang tak mungkin untuk dilupakan.

Pantai Gunung Kidul, Jogjakarta

pantai gunung kidul - pemandangan laut yang indah

Rupanya, Jogja juga memiliki pemandangan laut yang indah. Meskipun tak seterkenal Malioboro, pantai ini patut menjadi salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi saat di Jogja. Tapi siapa sangka, kalau pantai ini termasuk ke dalam pantai terindah di dunia?

Di sini, kamu bisa menikmati sunset dan menjadikannya sebagai momen tak terlupakan. Pantai Gunung Kidul menyajikan pemandangan laut yang istimewa dengan pasir putih, karang yang menjulang, dan air lautnya yang biru.

Pink Beach, Nusa Tenggara Timur

pantai pink rekomendasi wisata di lombok

Seperti namanya, Pink Beach menyajikan pemandangan laut yang indah karena warna pasirnya yang terbilang unik karena berwarna pink. Warna pink dari pasir ternyata berasal dari pasir putih dan pasir merah yang bercampur. Sehingga menghasilkan warna baru yang cantik dan menjadi daya tarik tersendiri.

Perlu kamu tahu, hanya ada 7 lokasi pasir berwarna pink di dunia. Dan Pink Beach merupakan yang tercantik. Kamu bisa menjadikannya sebagai tempat bersejarah bersama orang terkasih. Karena pantai ini sangat romantis!

Nah, itu dia 10 pemandangan laut yang indah di Indonesia. Kalau kamu mau berkunjung ke mana?

Tinggalkan Balasan