Mengenal Budaya Betawi Lewat Setu Babakan

0
227
Mengenal Budaya Betawi Lewat Setu Babakan

Setu Babakan merupakan sebuah kawasan yang terletak di Jakarta Selatan yang menjadi pusat kebudayaan Betawi. Kawasan ini dikenal sebagai tempat yang tepat untuk mengenal lebih dalam tentang kebudayaan Betawi, salah satu kebudayaan yang masih kental dan melekat pada masyarakat Jakarta. Di Setu Babakan, kita dapat menemukan berbagai macam kegiatan dan atraksi yang merupakan bagian dari kebudayaan Betawi, seperti tari topeng, musik gambang kromong, serta berbagai kuliner khas Betawi yang lezat dan menggugah selera. Dengan mengunjungi Setu Babakan, kita dapat memahami lebih dalam tentang kebudayaan Betawi dan juga ikut melestarikannya sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia.

Berkunjung ke tempat ini, bisa jadi membawa Anda merasakan atmosfer kehidupan Betawi masa lampau. Rasanya tidak berlebihan juga jika Setu Babakan dinobatkan sebagai tempat pelestarian budaya Betawi oleh pemerintah Jakarta.

Diberi nama Setu Babakan sendiri konon karena perkampuangan ini terletak diantara dua danau(setu/situ) yang luasnya sekitar 165 hektar. Di kawasan ini tinggal sekitar 3.000 keluarga yang masih hidup dengan cara hidup khas Betawi seperti bercocok tanam, budidaya ikan, membuat makanan khas ataupun kerajinan tangan.

Selain menawarkan beragam cerita khas Betawi, kampung Setu Babakan ini juga menjadi sebuah representasi budaya asli Betawi yang bisa jadi makin langka ditemukan ditengah gemerlapnya kota metropolitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here