Cara Merawat Lovebird Di Rumah Dengan Mudah

0
9
cara merawat lovebird

Lovebird atau berarti burung cinta merupakan jenis burung yang mempunyai banyak penggemar khususnya di Indonesia. Lovebird  sendiri termasuk dalam jenis burung beo kecil dengan suara indah yang bervariasi.

Maka tidak heran jika lovebird disebut mempunyai kicauan yang unik dan panjang. Untuk itu cara merawat lovebird juga perlu diperhatikan dengan baik. 

Lovebird terdiri dari banyak jenis. Adapaun jenis yang paling banyak dipelihara seperti lovebird rosy face berwarna dominant hijau, lovebird fischeri yang berwarna hijau dan kuning emas, lovebird black checked yang mempunyai pipi hitam, dan masih banyak lagi. 

Cara merawat lovebird sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu ekstra. Namun biasanya lovebird juga diperlombakan sehingga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini cara merawat lovebird di rumah dengan mudah antara lain:

Tempat sangkar

Cara merawat lovebird yang pertama adalah memilih sangkar yang tepat. Sangkar harus luas, bersih,  mudah dibuka saat dibersihkan, terbuat dari bahan yang aman agar tidak melukai burung, dan memiliki tempat makan dan minum yang dapat dijangkau dengan mudah.

Jenis kelamin lovebird

Cara membedakan jenis kelamin lovebird tidaklah sulit.  Lovebird jantan mempunyai kepala yang lebih kecil berbentuk lebih rata, kaki rapat, ekor berbentuk huruf V, mempunyai tubuh dan paruh yang lebih kecil, lebih gesit, dan juga agresif.

Sedangkan lovebird betina mempunyai kepala besar, paruh dan tubuh yang besar, kaki melebar, ekor dengan bentuk huruf U, dan cenderung lebih tenang. 

Pakan 

Pakan untuk lovebird tidak boleh diberikan secara sembarangan. Pemberian pakan harus bervariasi apalagi untuk lovebird yang masih muda. Adapun pakan terbaik untuk lovebird seperti kuaci, pelet, jewawut, biji sawi, hemp seed, canary seed, milet putih, dan milet merah.

Sedangkan waktu pemberiannya dapat dilakukan setiap hari secara bergantian. Sebaiknya juga tambahkan buah dan sayuran dalam 2 minggu sekali seperti tauge, jagung mudah, dan kangkung. 

Hindari pakan tertentu 

Pemberian buah memang sangat dianjurkan untuk lovebird seperti buah apel. Namun hindari bagian biji apel saat diberikan untuk lovebird karena memiliki kandungan sianida sehingga berakibat fatal untuk lovebird. Terdapat beberapa jenis makanan lain yang tidak boleh diberikan untuk lovebird yaitu alpukat, coklat, dan bawang putih.

Alpukat mengandung zat persin yang dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah pada burung lovebird. Sedangkan coklat dapat menurunkan fungsi pada saraf. Bawang putih dapat mengakibatkan anemia hemolitik atau sel darah merah menjadi rusak sehingga berujung kematian pada lovebird.

Memandikan lovebird 

Burung lovebird juga harus dibersihkan dengan cara memandikannya secara teratur. Dengan begitu kesehatan dan stamina burung akan tetap terjaga dengan baik dan dapat berkicau dengan lebih panjang.

Memandikan lovebird akan membuat bakteri-bakteri yang menempel pada bulu menjadi hilang dan resiko lovebird menjadi sakit juga lebih kecil. Sedangkan waktu terbaik untuk memandikan burung lovebird adalah pada pagi dan siang hari mulai pukul 7 hingga 8 pagi dan pukul 12 hingga 1 siang. 

Memberi vitamin 

Burung lovebird juga membutuhkan asupan vitamin. Vitamin tersebut bisa didapatkan di toko burung dan banyak tersedia di pasaran. Namun asupan dosis vitamin juga harus dilakukan dengan tepat agar burung lovebird tetap aman dan sehat. 

Membersihkan kandang secara rutin

Cara merawat lovebird agar tidak mudah sakit, kandangnya juga harus dibersihkan secara rutin. Mulai dari lantai kandang, tempat pakan, angkringan, dan pinggiran besi atau kayunya. 

Tinggalkan Balasan