Ketahui Macam Macam Buah Berry Dan Manfaatnya

0
10
Ketahui Macam Macam Buah Berry Dan Manfaatnya

Ada banyak jenis buah berry, dan diantaranya ada yang aman dikonsumsi serta tidak. Buah berry mempunyai banyak sekali khasiat bagi kesehatan manusia. Tak hanya tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, beberapa buah berry juga mempunyai kelebihan tersendiri. Sehingga tak heran ada banyak macam buah berry yang disebut super fruit alias buah super.

Dari segi tampilan buah berry juga beragam, mulai dari bentuk yang mungil, warna warni, serta mempunyai rasa manis asam menyegarkan. Hal ini juga kerap kali buah berry diolah menjadi bahan makanan dan minuman seperti oat meal, jus, selai hingga garnish.

Diketahui ada banyak ragam spesies buah beri yang tersebar di seluruh belahan dunia, dan beberapa diantaranya juga bisa ditemukan di Indonesia. Nah berikut ini beberapa jenis varian buah beri yang bisa kamu ketahui serta manfaatnya untuk tubuh.

Macam Macam Buah Beri

1. Blueberry

Yang pertama ada Blueberry, sesuai namanya berry satu ini memiliki warna biru pekat yang mencolok, serta bentuk bundar mungil. Blueberry adalah salah satu dari banyak buah yang dijuluki dengan super fruit dikarenakan tingginya nutrisi yang terkandung.

Berry satu ini kaya  kandungan vitamin K, C dan antioksidan, sehingga tentu saja sangat baik untuk menjaga sistem imun kamu. Khasiat Blueberry lainya ialah dapat menangkal efek dari paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan.

Selain itu jika dibandingkan dengan beberapa buah-buah lainnya, Blueberry rendah akan kandungan gula, sehingga aman dikonsumsi secara berlebihan tanpa khawatir kadar gula darah meningkat.

2. Raspberry

Jenis beri satu ini keberadaanya cukup populer dan digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Diketahui jenis dari raspberry sendiri cukup banyak dan dapat dibedakan berdasarkan warna maupun bentuk buahnya.

Umunya raspberry bias dengan mudah dijumpai saat musim panas tiba, dan kerap diolah menjadi bahan minuman segar saat siang hari.

Dari segi kandungan  buah raspberry rendah kalori, tinggi serat serta juga kaya akan vitamin C, yang mana hal ini sangat baik jika dijadikan makanan sehat kamu, terutama untuk yang sedang menurunkan berat badan.

3. Cranberry

Selanjutnya ada Cranberry, ada hal unik dari buah berry satu ini, keunikan terletak dimana dia hidup. Umunya kita menjumpai buah berry hidup didarat, namun tidak demikian dengan berry satu ini. Cranberry hidup dan berbuah didalam air, lebih tepatnya dirawa-rawa maupun kolam, serta diketahui berasal dari kawasan utara Amerika.

Terlepas dari itu Cranberry memiliki rasa asam yang cukup kuat namun kaya akan kandungan vitamin C serta antioksidan. Mengkonsumsi beri satu ini sangat baik untuk kesehatan, karenanya dapat mencegah infeksi saluran kencing serta meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

4. Goji Berry

Goji, Goji Berry, Berries, Sehat

Sedikit Berbeda dengan kebanyakan buah beri pada biasanya, jenis berry satu ini lebih sering dijumpai dalam bentuk kering, seperti halnya kismis dan kurma. Walaupun begitu kandungan nutrisi dari Goji Berry tidaklah hilang secara keseluruhan.

Walaupun bentuk dan ukuranya yang mungil, namun Goji Berry memiliki belasan jenis asam amino, mineral, vitamin, serat serta antioksidan bagi tubuh. Hal ini lah yang membuat goji berry berkhasiat menjaga daya tahan tubuh kamu, mencegah penuaan serta menangkal paparan radikal bebas.

5. Strawberry

Bicara tentang strawberry, buah beri satu ini dapat ditemukan dengan mudah. Kepopuleranya bukan tanpa sebab, pasalnya strawberry merupakan buah yang enak dan lezat, serta tinggi akan kandungan nutrisi maupun vitamin.

Selain itu rasanya asam manis nya yang menyegarkan membuat buah strawberry sangat mudah untuk diolah menjadi aneka bahan panganan, seperti sirup, selai, jus, garnish, ataupun dimakan secara langsung.

Strawberry kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahun tubuh. Selain itu engkonsumsi strawberry sebagai makanan sehat tentu saja akan memberi dampak yang baik bagi tubuh kamu.

6. Cloudberry

Cloudberry, Rubus Chamaemorus, Swedia

Berikutnya ada Cloudberry, berry satu ini memiliki bentuk ukuran terbilang kecil dengan warna oranye, merah sedikit kekuningan. Cloudberry cukup sulit ditemukan, terutama di kawasan Indonesia, hal ini dikarenakan Cloudberry merupakan tanaman musim dingin.

Walaupun bentuknya yang mungil namun berry kuning ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh loh, dan beberapa khasiatnya ialah dapat membantu detoksifikasi tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menyemimbangkan cairan tubuh, menangkal radikal bebas dan masih banyak lagi.

7. Blackcurrant

Spinarum, Carissa, Peternakan

Blackcurrant merupakan berry yang populer, dan keberandaanya juga cukup mudah untuk ditemui. Selain itu buah Blackcurrant juga memiliki rasa manisnya dan menyegarkan, sangat cocok jika diolah menjadi minuman segar saat siang hari

Tak hanya enak dikonsumsi, Blackcurrant  juga kaya akan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan. Mengkonsumsi beri satu ini secara teratur diketahui dapat bekhasiat menjaga daya tahan tubuh, mencegah peradangan dan infeksi, menyehatkan pencernaan, serta bisa mengatasi masalah flu dan demam.

Nah itulah beberapa jenis buah berry yang dapat kamu ketahui, setidaknya jika kamu mengkonsumsinya sudah tahu akan khasiatnya untuk tubuh. Sumber referensi macam-macam buah berry : healty99.com

RuangGuru

Tinggalkan Balasan