Yuk Mengenal Lebih Dekat Ragam Pakaian Adat Riau

1
105
pakaian adat riau

Setiap daerah pasti memiliki ciri khas dari daerah itu sendiri, misalnya pakaian adat,makanan khas, bahkan kebudayaannya. Tanpa terkecuali propinsi kepulauan Riau, yang terletak di pulau Sumatera bagian tengah, yang mayoritas dihuni oleh masyarakat Melayu. Tentunya tidak aneh jika pakaian adat Riau ini masih sama seperti baju-baju adat Melayu lainnya, yang pastinya memiliki filosofi tersendiri.

Kebudayaan Melayu yang sangat kental mengandung nilai keislaman ini, tentu saja selalu dikaitkan dengan pakaian tradisional Melayu. Di mana dari segi warna dan corak sangat erat berkaitan dengan tradisi Melayu lainnya. Untuk itu mari simak ulasan berikut tentang pakaian tradisional masyarakat Riau dan mengenal lebih dalam filosofinya.

Memperkenalkan Pakaian Adat Riau

Mengenal pakaian adat Riau yang cukup sederhana ini tentu membuat orang tertarik untuk tahu lebih jauh tentang corak, model dan warnanya. Pakaian yang menunjukkan kesederhanaan ini juga berkaitan dengan norma keagamaan, yang terdapat di dalam ajaran Islam. Pakaian yang terdiri dari sarung, baju dengan kerah tinggi dan rok panjang yang longgar dan bermotif ini, adalah ciri khas tradisi Melayu.

Pakaian tradisional Riau ini sudah ada sejak lama, dan dalam penggunaannya tentu ada beragam jenis dan kegunaannya. Untuk pemakaiannya dalam acara-acara khusus tentu dibutuhkan aksesoris yang sudah disesuaikan dengan jenis pakaian, seperti pakaian pengantin atau acara keagamaan. Aksesoris yang dipakai untuk pria maupun wanita tidak berbeda jauh, hal ini sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat Melayu Riau.

Beberapa Jenis Pakaian Adat Riau

Pakaian adat Riau mempunyai beberapa jenis dan kegunaannya, dari pakaian adat untuk anak-anak sampai pakaian untuk acara-acara tertentu. Corak dan warnanya pun beragam, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pada saat akan digunakan dalam suatu acara. Adapun jenis pakaian adat yang ada di kepulauan Riau, adalah sebagai berikut :

1. Pakaian Adat Untuk Anak

Pakaian untuk anak-anak sangat simpel dan mudah, yaitu untuk anak laki-laki cukup celana panjang dan baju koko serta kopyah. Sementara untuk anak perempuan baju kurung dengan rok panjang longgar, dilengkapi dengan kerudung. Baju adat untukanak-anak laki-laki ini biasa disebut baju adat monyet.

2. Pakaian Adat Untuk Dewasa

Tidak berbeda jauh dengan baju adat anak-anak, baju untuk orang dewasa pun memiliki kesamaan baik untuk pria maupun wanita. Pakaian adat untuk pria terdiri dari sarung, celana panjang longgar dan baju dengan kerah tinggi dilengkapi dengan kopyah. Untuk wanita baju kurung ataubkebaua pendek dengan rok panjang longgar dilengkapi dengan kerudung.

3. Pakaian Adat Untuk Pernikahan

Pada acara pernikahan, baju adt yang digunakan sedikit berbeda, yaitu baju kurung cekak untuk pengantin pria. Tentunya dilengkapi dengan kopyah, celana panjang longgar dan sarung ditambah dengan mahkota kepala dan sepatu runcing. Masih ada lagi sobai berwarna kuning yang di pakai dibahu kiri serta keris kecil yang diselipkan di pinggang kiri dan canggai di jari kelingking.

Sementara untuk pengantin wanita mengunakan pakaian adat Riau mempunyai jenis baju lebih banyak, yang disesuaikan dengan acara adat saat pernikahan. Baju tersebut terdiri dari baju kurung teluk belangan, baju ini dipakai pada saat acara malam berinai. Pada acara adat berendam, pengantin wanita memakai baju kurung cekak atau kebaya pendek, sementara baju kebaya laboh dipakai pada saat bersanding.

Nah itulah sedikit ulasan tentang pakaian adat Riau yang sangat kental dengan nuansa keislaman dan ciri khas masyarakat Melayu. Nilai keagamaan yang tercermin menjadikan pakaian tradisional tersebut memiliki poin plus bagi daerah Riau. Harapannya semoga ulasan ini bermanfaat dan berguna untuk membantu memberikan informasi tentang pakaian tradisional Riau.

RuangGuru

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan