Wisata Tersembunyi Papua, Danau Sentani

0
46
danau sentani wisata tersembunyi papua

Danau Sentani merupakan salah satu tempat wisata tersembunyi Papua yang sangat indah. Danau ini menyimpan sumber daya alam yang sangat kaya. Berbagai spesies ikan air tawar hidup di dalam danau ini, bahkan beberapa di antaranya menjadi spesies endemik Sentani.

Danau yang terletak di lereng pegunungan Cagar Alam Cyclops ini menampilkan keberagaman alam. Selain itu juga memiliki bukit yang indah bernama bukit Teletubbies. Di tempat ini pengunjung tidak akan melewatkan keindahan sunset sebagai momen yang ditunggu-tunggu.

Danau ini sendiri memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada pada ketinggian 75 meter mdpl.

Pengunjung dapat menikmati keindahan bukit tersebut dengan naik ke Tugu MacArthur. Dari atas bukit pengunjung bisa menyaksikan pemandangan hijau pepohonan.

Wisata tersembunyi Papua ini juga menyimpan kekayaan sejarah. Nah, dalam artikel ini akan diulas lebih jauh mengenai Danau Sentani.

Sejarah Danau Sentani

Nama Sentani sebenarnya relatif baru, sebab nama pemberian Pemerintah Kolonial Belanda. Padahal, daerah tersebut telah dihuni manusia sejak sekitar abad ke-18. Sebelumnya, masyarakat setempat menamai wilayah sekitar danau itu dengan sebutan Phuyakha.

Nama tersebut berasal dari dua kata, yaitu Phu dan Yakha. Phu berarti air dan Yakha berarti terang, nampak, kelihatan. Maka, Phuyakha memiliki arti air yang terang.

Pada 1898 penjajah Belanda masuk ke wilayah tersebut, kemudian melihat mata pencaharian masyarakat sekitar danau sebagai petani. Hal demikian karena tanah sekitar danau memang sangat subur, karena dialiri lebih dari 10 anak sungai yang berhulu di Pegunungan Cycloop.

Penjajah Belanda kemudian menjadikan daerah tersebut sebagai pusat perkebunan dan pertanian. Itu dilakukan untuk memasok kebutuhan sayur dan buah-buahan Kota Holandia, yang sekarang Jayapura.

Orang-orang Belanda kemudian menyebut daerah tersebut dengan nama Sentral Pertanian atau disingkat Sentani. Saat itu, Belanda sempat mengusahakan menanam kopi, cokelat, kelapa dan sayur mayur dalam skala besar.

Namun, banjir sering menghabisi hasil pertanian tersebut, sehingga pusat pertanian berpindah ke daerah Genyem di selatan danau. Kini Sentani tidak lagi dikenal dengan pertaniannya, tetapi menjadi wisata tersembunyi Papua yang memiliki banyak peninggalan sejarah.

Hiu Danau Sentani

Beberapa waktu lalu, jagat maya dan sejumlah masyarakat di Jayapura dihebohkan dengan penemuan tiga ekor ikan hiu pasca banjir bandang yang menerjang Jayapura. Temuan tersebut akhirnya viral dan menuai beragam tanggapan.

Berdasarkan penelitian dari senior Balai Arkeolog Papua, Hari Suroto bahwa hiu-hiu berasal dari Danau Sentani. Hiu-hiu itu berada di danau berair tawar karena masa lampau, Danau tersebut merupakan bagian laut yang menjorok ke darat.

Aktivitas di Danau Sentani Wisata Tersembunyi Papua

Apa saja sih aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata tersembunyi Papua ini? Nah, berikut aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan di Danau Sentani.

Berkililing Danau

Salah satu aktivitas menarik di danau ini, yaitu menyusuri danau dengan perahu sembari menikmati udara sejuk dan keindahan danau.

Berenang di Danau

Aktivitas yang menyenangkan selanjutnya, yaitu berenang di danau.

Menikmati Pemandangan di Bukit Teletubbies

Untuk bisa sampai ke Bukit Teletubbies, wisatawan harus melakukan trekking. Di atas bukit ini akan tersajikan pemandangan yang sangat indah.

Melihat Tifa Keramat

Di Desa Yobeh, terdapat salah satu kampung dari 24 kampung adat di Danau Sentani yang menyimpan cerita magis dan benda-benda keramat. Salah satu benda keramat khas Papua yaitu tifa atau gendang yang berusia 200 tahun.

Demikianlah ulasan wisata tersembunyi Papua, Danau sentani. Wisata ini sangat cocok bagi yang ingin bersantai menikmati keindahan alam Papua. Semoga ulasan pada artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan