Wisata Kediri yang Sukses Bikin Jatuh Hati Pengujung

0
4
air terjun dolo wisata kediri

Kediri adalah kota paling dekat dengan Blitar,  Nganjuk dan Tulungagung. Kediri terkenal dengan sejarah kerajaan Majapahitnya, selain itu destinasi wisata kediri juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Beberapa destinasi wisata kediri yang bikin jatuh hati para pengunjung adalah: 

1. Wisata Gunung Kelud

Gunung kelud merupakan salah satu gunung di provinsi Jawa Timur yang masih aktif. Hingga saat ini terakhir tercatat bahwa gunung kelud meletus di tahun 2014. Jika dihitung-hitung itu waktu yang belum terlalu lama. Namun hal ini tidak menyurutkn para pengunjung untuk terus menikmati keindahan objek wisata di Gunung Kelud.  Kawah yang berwarna kehijaunan nampak sangat indah dan munculnya kubah baru yang menambah kegagahan gunung Kelud ini.   

2. Wisata Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Nama simpang lima sendiri bukan serta merta diberikan begitu saja, tetapi ada maknanya yaitu persimpangan 5 daerah antara lain Gampangrejo, Pare, Pesantren, Plosoklaten dan Pagu. Monumen ini sekilas layaknya sebuah bangunan yang ada di Paris, yaitu Arc de Triomphe. Sehingga banyak wisatawan baik dari sekitar dan berbagai kota yang menyempatkan  berkunjung ke tempat ini. 

Walaupun tergolong masih belum lama peresmian bangunan ini. Namun tempat ini telah mencuri perhatian dan menjadi tempat favorit anak muda Kediri apalagi saat menjelang sore. Bangunan gagah dengan ukiran gambar sejarah bersama sorotan sunset semakin menambah keindahan tempat ini. 

3. Air Terjun Dolo

Wisata yang satu ini juga merupakan destinasi incaran wisatawan saat berkunjung ke Kediri. Air Terjun ini merupakan bagian dari gunung Wilis. Tempat yang asri ditambah sejuknya percikan air terjun dari ketinggian 125 meter akan membuat pengujung betah berada disini. 

Banyak fasilitas yang telah dilengkapi mulai dari area Camping, Play Ground, hingga Mushola dan warung telah tersedia. Saat berkunjung ke sini pengunjung ini juga bisa menabah koleksi foto pribadi dengan baground alam yang eksotis.

4. Wisata Alam  Sumber Ubalan 

Sebagai pecinta alam, belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Wisata Kediri yang satu ini. Berlokasi di Plosoklaten yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota. Sumber Ubalan ini merupakan kawasan wisata yang berada di dalam kawasan hutan Lindung. Walaupun objek utamanya adalah sumber air, namun disini telah ditunjang dengan berbagai fasilitas pelengkap seperti kolam renang, taman bermain hingga panggung hiburan. 

5. Goa Selomangleng 

Destinasi wisata ini menyimpan banyak cerita legenda dan sejarah mengenai Kediri. Pada Goa ini masyakat sekitar percaya bahwa jaman dahulu pernah menjadi tempat pengasingan diri Dewi Kilisuci seorang putri dari raja Erlangga sebab menolak pewarisan tahta kerajaan. Pada bagian dinding dalam goa ini terdapat relief yang indah. Namun tetap saja, suasana gelap ditambah bau kemenyan semakin membuat suasana terasa mistis. 

6. Arum Jeram di Sungai Konto 

Bagi pecinta wisata dengan penuh tantangan menguji adrenalin, tak ada salahnya mencoba wisata ini. Sungai Konto ini memiliki panjang 10 km lebih. Berlokasi di desa Siman, Kecamatan Kepung atau hampir 40 menit jika ditempuh dari pusat kota. Tempat ini masih tergolong wisata baru, namun telah banyak mengundang wisatawan untuk mencoba sensari arum jeram di Sungai Konto. 

7. Puncak Gunung Maskumambang

Gunung ini dikelilingi dengan banyak bukit yang mana bukit bukit tersebut terusan dari perbukitan Gunung Wilis. Karena ini dibuka sebagai tempat wisata maka telah disediakan anak tangga untuk sampai ke daerah puncak. Walaupun tidak begitu tinggi hanya sekitar 300 meter, udara disana cukup segar dan sejuk cocok untuk bersantai. 

8.  Wisata di Gunung Klotok

Wisata gunung Klotok ini ada dikawasan Pojok, Kecamatan Mojoroto Kediri. Gunung ini merupakan gugusan dari pegunungan Wilis. Ketinggian gunung ini sekitar 535 mdpl. Hal yang unik dari gunung ini yaitu jika diperhatikan dari jauh gunung ini berbentuk layaknya seorang perempuan sedang tidur. Terkadang juga disebut sebagai gunung putri tidur. 

Itulah beberapa wisata kediri yang bisa jadi rekomendasi liburan kalian, walaupun sebenarnya masih banyak wisata kediri lainnya. Semoga ulasan berikut bermanfaat untuk referensi liburan mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here