Wisata Alam Desa Baros Citalutug

0
10
desa wisata baros citalutug

Wisata Alam Desa Baros Citalutug | Desa Baros Citalutug adalah sebuah desa wisata yang berada di kecamatan arjasari Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Di desa terdapat sangat banyak objek wisata alam yang ada di daerah desa yang satu ini, misalnya wisata alam hutan pinus megatutupan, kolam renang yasmin, sungai citalutug, wisata persawahan, wisata kolam berenang Sampalan Indah, dan juga wisata Pinus Megatutupan.    

Menurut pengalaman yang disampaikan oleh para pengunjungnya, wisata alam desa Baros memiliki akses yang sangat baik dan tergolong cukup memadai, khususnya untuk bus  berukuran sedang dan juga mobil pribadi. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir saat akan berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, anda bisa menggunakan beberapa jalur pilihan, jalur kendaraan utama yang biasanya banyak dilalui menuju desa baros adalah jalur dari kecamatan soreang dengan jarak tempuh 16 Km, atau dapat juga dengan menggunakan jalur dari Banjaran menuju ke kecamatan arjasari dengan waktu tempuh 40 menit.

Jika anda menggunakan kendaraan kecil seperti sepeda motor, maka lokasi desa baros cukup mudah anda jangkau. Meskipun ada juga Jalur alternatif lainnya menuju wisata ke desa baros, yaitu bisa melalui desa ciparay, yaitu jalur kampung seni jelekong dengan jarak 15 km atau sekitar 30 menit perjalanan.

Ada juga Jalur alternatif lainnya lewat majalaya, dengan jarak 19 km atau sekitar 45 menit perjalanan.

Fasilitas Wisata

Ada sangat banyak fasilitas yang disiapkan pengelola untuk para pengunjung tempat wisata ini, misalnya:

1) Home Stay; pondokan bermodel rumah panggung khas sunda sebagai penginapan.

2) Kolam Renang sampalan indah;

3) Penyewaan Ban;

4) Saung Keluarga

Wahana Permainan Wisata Alam Desa Baros Citalutug

Dibeberapa tempat di lokasi wisata desa baros, tersedia banyak fasilitas dan wahana permainan, yang bisa digunakan dengan aman oleh usia anak anak maupun dewasa, misalnya wahana Arung jeram mini, wahana bermain air di sungai, wahana kolam tradisional, wahana ATV anak anak, fasilitas motor trail mini khusus anak , wahana ayunan extreme, roller coster, wahana kereta mini, dll.

Ada juga Rencana pembangunan Wahana ekstrim adventure fly fox, yang rencana Panjang tali luncurnya sejauh 250 meter.

Sarana Warung Tradisional

Di lokasi ini Tersedia beberapa buah warung tradisional, yang penempatannya bangunannya di tata semenjak dari awal agar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan para wisatawan, Adapun semua warung tradisional tersebut hanya diperbolehkan menjual jajanan dan menu makanan khas sunda.

Halaman Tempat Parkir

Di lokasi wisata desa baros juga sudah terdapat ruang khusus tempat parkir yang sangat luas, yang hanya khusus untuk mobil roda 4 dan motor.

Fasilitas Toilet

Ketersediaan sarana Toilet di lokasi wisata ini sangat menunjang dan memadai, ketersediaan toilet bisa anda temukan dibeberapa titik dalam lokasi wisata ini.

Kemudahan Transportasi

Dalam hal Ketersediaan transportasi untuk menuju ke tempat wisata desa baros, ada banyak angkutan kota dan juga angkutan pedesaan yang bisa sampai ke lokasi pintu masuk area wisata ini, trayek tersebut yaitu dari banjaran ke baros.

Hiburan

Adapun jenis hiburan wisata yang akan disuguhkan kepada anda di desa wisata baros ini berkaitan erat dengan kesenian dan budaya dari daerah baros sendiri, yang berunsur kental khas sunda. Mulai dari menu makanan, hiburan, dan lain sebagainya.

Tema Wisata Kembali ke Desa

Wisataalamdi tempat ini jugamemberikan pilihan paket wisata desa dengan konsep tampilan dan pengalaman kehidupan keseharian di wilayah desa tradisional.

Pada paket wisata alam kembali ke desa, yang waktunya adalah 2 hari 1 malam, para pengunjung akan diberikan pengalaman kehidupan di desa, yang berbentuk model penginapan tradisional dan juga menu makanan tradisional sunda.

Bahkan, para wisatawan pun akan diajarkan kegiatan seperti layaknya kehidupan keseharian orang orang di pedesaan pada umumnya, seperti kegiatan ikut membajak sawah dengan menggunakan kerbau dan juga mesin bajak, lalu ikut pula berkegiatan menanam padi atau juga tanaman lainnya yang menjadi ikon pertanian masyarakat di desa baros.

Memandikan kerbau dan sapi di sungai, mandi di area sungai dan juga bermain dengan jenis permainan tradisional khas keseharian anak-anak pedesaan.

Wisata Produktif dan Kreatif

Dalam hal iniada beberapa kegiatan yang akan para wisatawan lakukan pada tema wisata profuktif dan kreasitif ini, yaitu para wisatawan akan diajak turun langsung dan juga ikut berkegiatan kreatif bersama dengan warga desa baros, khususnya para warga yang memiliki jenis usaha kerajinan tangan.

Misalnya pembuatan jenis alat music bambu, seni pembuatan kain ikat kepala ciri khas sunda, seni pembuatan baju pangsi pakaian khas sunda, dan ikut bahkan juga ikut kegiatan produksi pada beberapa jenis home industry di desa baros.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini