Wayang Golek Berasal Dari

0
102

Wayang Golek Berasal Dari. Wajah wayang ini terbuat dari kayu yang diukir dan diwarnai. Namun sekarang lebih dikenal sebagai suatu hiburan tradisional.

Akhir Pekan Buper Villa Cantik Gelar Pertunjukan Wayang Golek Pelita Sukabumi
Akhir Pekan Buper Villa Cantik Gelar Pertunjukan Wayang Golek Pelita Sukabumi from pelitasukabumi.com

Padepokan wayang golek giri harja jadi ikon seni pewayangan di tatar sunda. Dalam bahasa jawa, golek berarti boneka. Artinya, bicara wujud wayang purwa bisa berupa wayang kulit, termasuk di dalamnya wayang beber, kemudian wayang golek, dan wayang wong (orang). Wayang golek merupakan salah satu dari ragam kesenian wayang yang terbuat dari bahan kayu yang merupakan hasil perkembangan wayang kulit dari keterbatasan waktu supaya dapat ditampilkan pada siang atau malam hari. Tarian jaipong adalah peleburan dari beberapa tradisional seperti pencak silat, ketuk tilu, wayang golek dan lain sebagainya, tarian ini telah menjadi tari pendet adalah tari sambutan yang berasal dari pulau dewata, bali.

Wayang golek berbentuk tiga dimensi, di mana bagian kepala tidak menyatu dengan tubuhnya, meklainkan menjadi bagian tang terlepas.

Jenis tari ini merupakan tarian purba yang berasal dari batak toba, sumatera utara. Wayang golek yang berasal dari jawa barat disebut juga wayang golek sunda. Wayang golek ini pertama kali diperkenalkan di kudus tetapi digunakan untuk siar agama islam di daerah jawa barat, yang kemudian terkenal di daerah cirebon hingga banten. Sementara teman dekat menyiratkan kanca, teman baik atau saudara. Tarian ini adalah salah satu kesenian tradisional yang terkenal dari bali. Dadan sunandar sunarya ngamumule budaya seni sunda wayang golek putra giri harja 3 dalang h. Abstrak wayang golek adalah suatu jenis seni pertunjukan tradisional yang telah menjadi bagian dari jati diri orang sunda. Pagelaran wayang golek full dan bodoran dari lingkung seni giri harja 3 asep sunandar sunarya, putra giri giri harja 3 dadan sunandar sunarya serta giri. Dalam bahasa jawa, golek berarti boneka. Namun, tahukah kamu, jika sebenarnya, ada. Pertunjukan wayang ini dilakukan dengan membeberkan atau membentangkan layar atau kertas yang berupa gambar.

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Wayang Golek Berasal Dari, semoga artikel ini bermanfaat.
Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://www.infocarague.com/

Tinggalkan Balasan