Unsur Penting dalam Mendesain Kamar Mandi Gaya Jepang

0
54
Unsur Penting dalam Mendesain  Kamar Mandi Gaya Jepang

Segala sesuatu dari Negeri Sakura memang selalu menarik untuk dinikmati. Selain budayanya, arsitektur tradisional Jepang juga semakin banyak diaplikasikan pada beberapa bangunan di Indonesia. Mulai dari hotel, restoran, hingga rumah tinggal. Kini banyak rumah-rumah yang mengadopsi gaya Jepang, mulai dari kamar tidur, ruang tamu, dapur, ataupun kamar mandi gaya Jepang.

Rumah-rumah tradisional Jepang memang cenderung berukuran luas. Bagian-bagian ruangnya juga terlihat hangat dan lapang. Namun saat ini, rumah dengan ukuran berapa pun bisa menerapkan desain arsitektur Jepang tanpa berpatokan pada ukuran ruangan. Jadi berapapun ukuran rumah Anda, atau dimana pun rumah tersebut akan dibangun, jangan ragu untuk membuat rumah ala Jepang sesuai selera Anda.

Sejarah Desain Arsitektur Ala Jepang

Setiap negara biasanya memiliki ciri khas arsitektur sendiri, termasuk Jepang. Arsitektur Jepang juga sebenarnya sangat beragam dan mengalami perubahan dari masa ke masa. Mulai dari tahun 13.000 SM pada Periode Jomon, desain ala Kuil, Istana, Benteng, Rumah Samurai, hingga kini desain Meiji dan Modern.

Arsitektur Jepang yang paling sering mengalami perubahan adalah desain interior rumah, salah satunya perubahan kamar mandi gaya Jepang. Perubahan desain arsitektur Jepang terjadi untuk mengikuti perkembangan zaman dan memaksimalkan fungsi serta praktis.

Perubahan desain arsitektur Jepang Modern sendiri mulai mengalami perubahan pada tahun 1868. Pengaruh budaya Barat membuat arsitektur pada rumah tinggal dan bangunan lain sedikit berubah.

Sementara di Indonesia sendiri banyak mengaplikasikan rumah atau banguanan bergaya Jepang mulai dari arsitektur Jepang tradisional, modern, serta kontemporer.

Unsur Penting dalam Mendesain Rumah atau Kamar Mandi Gaya Jepang

Buat Anda yang ingin membangun rumah atau merenovasi kamar mandi bergaya Jepang, Anda juga harus memperhatikan beberapa unsur Arsitektur Jepang. Tidak hanya untuk kamar mandi, beberapa unsur berikut berlaku untuk desain interior maupun eksterior ala Jepang:

Pemilihan Material Alami

Cara yang paling penting dalam menghadirkan nuansa ala arsitektur Jepang adalah menggunakan kayu atau bambu sebagai material utamanya. Penggunaan material tersebut bisa diterapkan pada dinding, lantai, maupun furnitur atau perabotannya.

Bahkan pada beberapa ruangan seperti kamar mandi, Anda bisa menggunakan material tersebut pada langit-langit ruangan. Penggunaan material kayu atau bambu tersebut bertujuan untuk memberikan kesan hangat.

Sedangkan untuk Anda yang tinggal di daerah panas, tapi ingin membuat kamar mandi gaya Jepang, Anda bisa mengganti material tersebut dengan bahan material modern bermotif sama seperti aslinya. Atau bagi Anda yang kesulitan mendapatkan material alami tersebut, gunakan saja bahan material yang modern.

Buatlah Jendela

Selain material, Anda juga harus memperhatikan bukaannya dalam membangun kamar mandi ala Jepang. Berikan jendela dengan ukuran yang besar untuk pencahayaan dan penghawaan alami.

Orang Jepang menyukai jendela yang lebar untuk melihat pemandangan di luar. Namun penggunaan jendela kamar mandi pada masa ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak harus besar, yang terpenting masih bisa berfungsi secara optimal.

Batasi Furnitur

Konsep kamar mandi gaya Jepang sebenarnya juga cocok dipadukan dengan gaya arsitektur minimalis. Karena saat membuat desain interior kamar mandi ala Jepang, Anda harus membatasi jumlah furnitur yang ada  di dalam.

Selain untuk menghemat ruang, pembatasan jumlah furnitur juga bertujuan untuk menonjolkan kesan luas pada kamar mandi. Gunakan saja rak-rak peralatan mandi agar lebih terorganisir. Anda juga bisa menggunakan furnitur portable agar saat tidak digunakan bisa dilepas-pasang.

Gunakan Pintu Geser

Ciri khas lain dari kamar mandi gaya Jepang yakni menggunakan pintu geser yang terbuat dari kayu. Pintu geser atau yang disebut dengan Shoji tersebut biasanya digunakan juga untuk menghubungkan ruang utama dengan taman. Namun Anda bisa mengaplikasikan pada kamar mandi.

Penggunaan pintu geser cocok untuk ruangan apa saja, karena pintu geser ini sangat menghemat tempat. Jadi bagi Anda yang mempunyai kamar mandi dengan ukuran sempit, jangan khawatir untuk menerapkan konsep arsitektur Jepang ini.

Taman atau Letakkan Tanaman Hias

Jika pada rumah tinggal yang ukurannya cukup luas bisa menghadirkan taman di tengah-tengah rumah, berlaku juga untuk desain kamar mandi gaya Jepang. Tapi jika ukuran kamar mandi kurang luas, Anda bisa membuat taman kecil dalam kamar mandi.

Tidak perlu luas, sisakan saja space kecil di pojok atau salah satu sisi kamar mandi. jika pembuatan taman tidak memungkinkan, Anda bisa membuat taman dengan tanaman sintesis atau meletakkan beberapa tanaman hias dalam pot.

Sediakan Bathub

Sebenarnya menyediakan bathub pada kamar mandi ala Jepang itu opsional. Jadi jika ruangan tidak memungkinkan Anda bisa menggantikan dengan furnitur atau perabotan lain. Misal dengan menambah ember yang bernuansa tradisional Jepang yang terbuat dari kayu atau material-material alami lainnya. Pilihan lain yakni menggunakan ember atau wadah yang bermotif seperti material alami.

Ide Menarik Membuat Kamar Mandi Gaya Jepang

jIka sudah mengetahui point apa saja sih yang harus dimasukkan dalam membuat desain interior kamar mandi ala Negeri Sakura, selanjutnya Anda bisa mencobanya di rumah. Namun yang masih mencari referensi konsep kamar mandi yang cocok, Anda bisa melirik beberapa ide menarik kamar mandi yang bergaya Jepang berikut:

Kamar Mandi Full Tradisional

kamar mandi gaya jepang

Buat yang ingin merasakan sensasi mandi dengan nuansa Jepang murni, bisa membuat kamar mandi ala Jepang dengan furnitur full material alami. Misal dengan dinding kayu asli, lantai hingga plafond kayu. Kemudian perabotan atau furnitur seperti bathub, kursi jongkok, pintu dan jendela yang terbuat dari kayu atau dipadukan dengan bambu dan batu.

Kamar Mandi Gaya Jepang Modern

kamar mandi gaya jepang modern

Nah, buat Anda yang ingin mengaplikasikan gaya Jepang tapi tetap ingin terlihat modern, Anda bisa memanfaatkan elemen modern dalam konsep Jepang. Misal lantai keramik yang bermotif batu alam, plafond bambu, lalu perabotan modern. Pilih wastafel, bathub, dan tempat duduk santai dengan warna netral dan selaras dengan dinding serta  lantai.

Kamar Mandi Kontemporer atau Perpaduan Tradisional dan Modern

kamar mandi gaya jepang kontemporer

Kamar mandi sempit tapi ingin menggunakan konsep ala Jepang? Bisa banget kok. Gunakan saja furnitur yang ukurannya minimalis dan kurangi jumlah furnitur yang kiranya tidak terlalu berfungsi. Gaya kamar mandi kontemporer ini sangat bisa

menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Sedangkan untuk menonjolkan kesan Arsitektur Jepang Anda bisa memilih salah satu material alami saja. Kemudian untuk material lain bisa menggunakan material yang mudah didapat dan penggunaannya praktis.

Kamar Mandi Gaya Jepang Terbuka atau Semi Outdoor

kamar mandi gaya jepang semi outdoor

Berani bikin kamar mandi terbuka atau semi outdoor? Dijamin nyaman deh saat beraktifitas di dalamnya. Tambahkan taman kecil sebagai view tambahan agar Anda lebih rileks saat berendam. Gunakan material dan furnitur alami agar kamar mandi tersebut terlihat menyatu dengan alam atau taman.

Kamar mandi gaya Jepang manakah yang paling menarik perhatian? Buat yang suka material kaca juga bisa ditambahkan di dalamnya. Namun jangan lupa untuk menyesuaikan kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya ya. Yuk coba desain kamar mandi impian Anda!