Tradisi Pasola Nyale Suku Sumba

0
51

Tradisi Pasola Nyale Suku Sumba. Selanjutnya, penamaan pasola berasal dari kata sola dengan imbuhan. Tradisi tersebut merupakan kegiatan menangkap cacing laut yang hanya ada satu tahun sekali di daerah tersebut.

Tradisi Pasola Dan Upacara Nyale Di Sumba Barat Nusa Tenggara Timur
Tradisi Pasola Dan Upacara Nyale Di Sumba Barat Nusa Tenggara Timur from blogkulo.com

Selanjutnya, penamaan pasola berasal dari kata sola dengan imbuhan. Nah, permainan pasola biasanya diadakan sebagai puncak dari pesta adat. Pasola diawali dengan pelaksanaan adat nyale.adat nyale adalah salah satu upacara rasa syukur atas anugerah yang didapatkan, yang ditandai dengan datangnya musim panen dan cacing laut yang melimpah di pinggir pantai. Tanpa mendapatkan nyale, pasola tidak dapat diberlangsungkan. Pasola berimplikasi pada pesta adat nyale.

Tradisi tersebut merupakan kegiatan menangkap cacing laut yang hanya ada satu tahun sekali di daerah tersebut.

Dalam perkembangannya, masyarakat sumba yang masih menganut kepercayaan marapu (kepercayaan asli sumba) melakukan tradisi pasola ini setiap tahun. Nyale merupakan upacara memohon restu kepada para dewa serta nenek moyang supaya kegiatan bertani dan bercocok tanam selama setahun menghasilkan panen yang optimal. Ritual penangkapan nyale adalah ritual yang dilakukan sebelum melaksanakan adat pasola keesokan harinya. Menurut tradisi setempat, ritual ini merupakan bagian dari upacara penganut kepercayaan marapu atau agama lokal yang berkembang di sumba. Sebelum pelaksanaan ritual pasola, masyarakat sumba barat melakukan tradisi nyale terlebih dahulu. Tanpa mendapatkan nyale, maka pasola nggak bisa diberlangsungkan.

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Tradisi Pasola Nyale Suku Sumba, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://greatnesia.com/

Tinggalkan Balasan