Tradisi Budaya Indonesia yang Sudah Punah di Telan Zaman

1
339
budaya gotong royong tradisi indonesia yang mulai punah

Indonesia adalah negara yang memiliki nilai budaya yang dijunjung tinggi keberadaannya. Indonesia termaksud dalam kawasan yang mempunyai penduduk terbanyak ini dan memiliki 33 provinsi serta memiliki daerah – daerah yang memiliki nilai adat istiadat yang berbeda dengan yang lainnya.

Tetapi untuk nilai budaya Indonesia memiliki makna sama disetiap daerah yang ada di Indonesia. Berikut adalah budaya Indonesia yang sudah punah dikarenakan zaman yang telah merubah sistem budaya yang ada di Indonesia. Langsung saja ini adalah beberapa budaya yang sudah lama tidak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Menundukan Kepala dan Badan disaat Jalan di Kerumunan Orang

Budaya yang satu ini adalah budaya yang dilakukan oleh masyarakat zaman dahulu. Orang – orang zaman dahulu melakukan gerakan menundukkan kepala sampai dengan badan disaat sedang jalan di kerumunan orang yang sedang nongkrong atau pun sedang melakukan duduk – duduk santai dengan orang sekitar. Budaya yang satu ini sudah mulai dilupakan bahkan sudah hilang pada peradaban ini.

Anak zaman sekarang sudah tidak ingin melakukan perbuatan yang seperti ini, alasan terbesarnya adalah malu atau tidak di ajar oleh orang tua bahkan perubahan zaman yang sekarang ini sangat canggih yang pastinya tidak hidup dalam masyarakat tradisional.

Orang tua zaman sekarang juga tidak ingin mengajari anak masing – masing untuk bersikap santun jika lewat terhadap kerumunan orang  ini dikarenakan sikap individualisme orang tua terhadap zaman yang berbeda sekarang ini.

Bergotong Royong

Dizaman sekarang yang serba canggih ini sudah jarang sekali masyarakat Indonesia melakukan gotong royong membangun sesuatu hal apapun, mulai dari kebersihan lingkungan, atau yang lainnya.

Kita akui saja di masyarakat daerah – daerah Indonesia tidak pernah kita jumpai melakukan gotong royong bersama. Ini dikarenakan perubahan globalisasi yang semakin pesat, menjadikan sikap acuh kepada keadaan di Indonesia yang sekarang ini terjadi.

Dibandingkan dengan zaman dahulu bahwa kegiatan gotong royong selalu dilakukan di setiap daerah mana pun ini dikarenakan teknologi belum berkembang pesan pada zaman itu. Berbeda dengan zaman yang sekarang ini sangatlah berbeda masyarakat Indonesia.

Perayaan Kegiatan Hari Besar Di Indonesia

Indonesia memiliki perayaan hari besar yang sangat banyak jumlahnya, semisal perayaan idul fitri bagi umat muslim, perayaan natal bagi umat kristen serta perayaan keagamaan lainnya yang ada di Indonesia sudah mulai berkurang perayaannya.

Perayaan semacam ini sudah mulai berubah semisalnya perayaan yang harusnya dilakukan bersama dengan keluarga besar dan masyarakat sekitar sudah mulai memudar dikarenakan zaman yang ada. Ini sangat terasa jika kita sendiri melihat perbedaan sebesar bertapa meriahnya perayaan hari besar yang dilakukan masyarakat kita.

Kita merasakan hari besar Indonesia sama saja dengan hari – hari biasanya. Dan contoh kasus lain adalah perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang seharusnya mengadakan pengibaran bendera di masing – masing halaman rumah.

Jika kita telusuri dalam – dalam sudah sangat banyak sekali masyarakat tidak peduli mengenang kemerdekaan Indonesia sehingga tidak memasang bendera di halaman rumah masing – masing. Ini semua dikarenakan zaman yang sudah mulai serba canggih, dan perubahan globalisasi yang semakin canggih.

Gaya Berpakaian

Kita akui saja perbedaan pakaian zaman dahulu dengan zaman sekarang sudah sangat – sangat berbeda. Yang dahulunya zaman dimana para wanita menutup aurat nya atau berpakaian yang tidak mengundang kejahatan. Berbeda halnya dengan zaman sekarang ini sudah sangat berbeda.

Zaman sekarang banyak para wanita berpakaian terbuka yang akan mengundang tindakan kejahatan terjadi.

Ramah Tamah

Ini tidak asing lagi dan tidak perlu di sangkal lagi. Bawah keramahtamahan Indonesia sudah mulai memudar dengan zamannya. Orang zaman dahulu menyapa atau sekedar tersenyum walaupun tidak dengan orang yang dikenalnya sekalipun.

Di zaman sekarang ini sudah sangat berbeda, masyarakat antar sesama jarang tersenyum atau menyapa walaupun sudah dikenal terlebih dahulu.

Itulah beberapa tradisi budaya Indonesia yang sudah mulai punah dari negara ini. Ini dikarenakan zaman yang sudah serba canggih dan globalisasi di dunia sudah mulai berubah seiring berjalannya waktu yang ada.

1 KOMENTAR

  1. saya masih ingat waktu kecil, diajarkan untuk membungkuk jika dihadapan guru.
    tapi jaman sekarang bahkan banyak murid yang berani memarahi seorang guru, sungguh sangat memprihatinkan.
    semoga ada kurikulum khusus yang mengajarkan tentang kesopanan atau tata krama yang sudah menjadi tradisi indonesia sejak dulu

Tinggalkan Balasan