Tokoh Pejuang yang Jasadnya Belum Ditemukan

3
68
yos sudarso

Seperti halnya yang kita ketahui, perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan sangat panjang. Tentunya selama masa perjuangan tersebut, lahirlah tokoh-tokoh pejuang yang memiliki jasa besar bagi kemerdekaan Indonesia. Para tokoh pejuang inilah yang disebut sebagai pahlawan kemerdekaan.

Dengan banyaknya tokoh pejuang kemerdekaan, pastinya semua memiliki kisah dan julukannya masing-masing. Bahkan ada lho, beberapa tokoh pejuang yang sampai saat ini, jasadnya belum ditemukan. Ingin tahu kisah selengkapnya? Mari perhatikan ulasan berikut ini.

Dr. Moewardi

Dr Moewardi adalah seorang dokter yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Dokter ini adalah salah satu tokoh yang sangat berjasa dan berperan besar dalam pendirian sekolah kedokteran di Indonesia. Bukan hanya itu, Dr Moewardi juga dikenal sebagai salah satu orang yang berperan penting dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia. Bahkan saat pemberontak PKI, Dr Moewardi juga memimpin rakyat untuk melawan pemberontakan. Dalam pemberontakan ini pula Dr Moewardi gugur di tempat. Namun sampai saat ini, makam Dr Moewardi belum pernah ditemukan.

Laksamana Madya Yos Sudarso

Menurut sejarah nusantara, Laksamana Madya Yos Sudarso adalah salah satu pahlawan nasional yang berjuang dalam peperangan dengan Belanda di atas laut Aru. Peperangan ini, terjadi pada tanggal 15 Januari 1962. Dikabarkan Laksamana Madya Yos Sudarso menghembuskan napas terakhirnya, setelah mendapatkan serangan oleh kapal Belanda.

Namun, sayangnya sampai saat ini, jasad dari Laksamana Madya Yos Sudarso belum ditemukan. Kendati demikian, Laksamana Madya Yos Sudarso juga menjadi salah satu pahlawan yang dikenang oleh bangsa Indonesia. Bahkan nama Yos Sudarso diabadikan menjadi nama jalan, bandara, serta nama sekolah.

Soeprijadi

Soeprijadi adalah salah satu nama pahlawan yang muncul dalam perlawanan terhadap Jepang. Soeprijadi dikenal sebagai salah satu pimpinan pemberontakan PETA ( Tentara sukarela bentukan Jepang yang diberi nama Pembela Tanah Air ) pada jaman penjajahan Jepang  di Blitar, Jawa Timur. Bersama dengan Jenderal Sudirman dia memimpin pemuda untuk melawan Jepang.

Nama Soeprijadi juga pernah muncul sebagai Menteri Keamanan Rakyat pada masa pemerintahan Presidensial. Namun, sayangnya tahun 1945 jabatan prestisius tersebut, terpaksa digantikan oleh orang lain. Hal ini disebabkan Soeprijadi tidak kunjung sampai di Jakarta. Bahkan, Soeprijadi menghilang tanpa jejak dan tak tahu dimana rimbanya. Sehingga sampai saat ini pun, jasad beliau belum ditemukan.

Brigjen Selamet Riyadi

Tokoh pejuang selanjutnya adalah Brigjen Selamet Riyadi. Brigjen Selamet Riyadi adalah salah satu anggota TNI yang dikirimkan untuk melakukan perlawanan terhadap separatis di Maluku Selatan. Pada saat itu, Brigjen Selamet gugur pada usia 23 tahun. Namun sampai saat ini tidak diketahui dimana makam beliau.

Itulah beberapa tokoh pejuang yang jasadnya belum ditemukan sampai saat ini. Bahkan, mungkin masih banyak tokoh-tokoh pejuang yang masih belum ditemukan jasadnya. Semoga amal jasa beliau dan seluruh pahlawan yang gugur diterima disisi Tuhan. Selain itu, diharapkan kita sebagai generasi bangsa mampu untuk meneruskan perjuangan mereka.

3 KOMENTAR

  1. Semoga di manapun mereka wafat dan terkubur, amal ibadahnya diterima oleh Yang Maha Esa. Jadi tau info2 seeprti ini.. Yang pahlawan soeprijadi aku penasaran kenapa bisa g sampai Jakarta. Menarik mempelajari sejarah seperti ini

  2. Itu Shodanco Soeprijadi ya, Greatnesia? Saya baru tahu kalau ia hilang. Padahal namanya beberapa kali disebut dalam buku sejarah.

    Meskipun jasad beliau-beliau itu hilang, setidaknya kita bisa terus mengenang mereka lewat tugu-tugu mereka dan bangunan-bangunan di penjuru Indonesia.

    Postingannya keren banget ini. 😀

Tinggalkan Balasan