Tips Memilih Jasa Sewa Gudang Jakarta Aman dan Terpercaya

0
17
sewa gudang jakarta

Menjalankan sebuah bisnis di bidang tertentu terkadang membuat tak sedikit orang akhirnya memilih untuk mengandalkan jasa sewa gudang jakarta dengan harga terjangkau dan tentunya fasilitas memadai.

Gudang merupakan ruang yang dibuat secara khusus untuk kegiatan penyimpanan. Tidak terkecuali dalam kegiatan bisnis, gudang juga memainkan peran penting untuk aktivitas penyetokan barang produksi, penyimpanan bahan baku, pusat distribusi, dan lain sebagainya.

Dengan adanya penyewaan gudang ini, maka para pengusaha dapat terbantu dalam hal menyimpan barang – barang usaha dengan aman tanpa takut terjadi pencurian yang tidak diinginkan.

Meski demikian, memilih jasa sewa gudang juga perlu memperhatikan beberapa tips dan trik berikut ini agar terhindar dari risiko kerugian ke depannya.   

Beli atau Sewa ?

Sebelum kita membicarakan tips dan trik untuk sewa gudang, mari kita lihat dulu perbandingan antara membeli dan sewa gudang berikut ini.

Sewa Gudang

Kelebihan

  • Lebih murah di awal. Tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar sekaligus. Bisa memakai dana untuk pengembangan bisnis yang lain. Bisa mengabaikan biaya perawatan dan renovasi karena ditanggung pemilik.
  • Hemat waktu. Lebih cepat dan mudah relokasi. Sedikit waktu untuk pengaturan proses sewa dibandingkan dengan beli.

Kekurangan

  • Biaya bisa meningkat. Ongkos sewa dapat meningkat setelah masa kontrak berakhir.
  • Lebih sedikit kontrol atas fasilitas. Karena gudang sewaan ini bukan milik Anda, maka perubahan di sisi luar maupun dalam tidak boleh Anda lakukan tanpa seizin pemilik. Ini membuat pertumbuhan usaha Anda sedikit terhambat karena tidak bisa memodifikasi gudang sesuai kebutuhan.

Beli Gudang

Kelebihan

  • Biaya tetap. Tidak ada kemungkinan peningkatan biaya sewa karena gudang sudah menjadi milik Anda.
  • Kendali atas properti. Kontrol penuh atas gudang kepunyaan Anda. Perubahan, penambahan, pengurangan dan modifikasi lain dapat Anda lakukan sesuka hati sesuai keperluan.
  • Aset tetap. Gudang yang Anda beli menjadi tambahan aset tetap. Bisa dipakai sebagai jaminanan untuk mendapatkan pinjaman.

Kekurangan

  • Biaya awal yang besar. Membeli gudang berarti perlu menyiapkan dana dalam jumlah besar di depan. Ini juga berarti meningkatnya risiko keuangan.
  • Biaya tambahan. Biaya perawatan gudang dan renovasi merupakan variabel biaya yang tidak boleh Anda abaikan. Jika hendak pindah dari gudang yang satu ke gudang lain perlu tambahan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Apa fungsi utama sewa gudang ?

Meningkatnya kebutuhan bisnis di zaman seperti sekarang ini, membuat tak sedikit orang akhirnya menjadikan jasa sewa gudang sebagai solusi tepat dalam menyimpan barang – barang kebutuhan usaha.

Kegiatan penyimpanan ini sangat luas lingkupnya dari penerimaan barang di awal, pemisahan di tengah dan pengiriman di akhir. Terkadang proses yang dibutuhkan lebih lama sehingga barang belum keluar sudah ada masuk lagi.

Hal ini dapat menyebabkan stock menumpuk sehingga kehabisan tempat karena buruknya manajemen yang dilakukan oleh perusahaan.

Bahkan, gudang ini juga nantinya dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan sementara barang – barang usaha jika memang si pemilik usaha belum memiliki gudang tempat penyimpanan sendiri.

Berbicara mengenai fungsi utama dari gudang dalam sebuah usaha yakni sebagai tempat penyimpanan bahan – bahan kegiatan usaha yang dijalankan oleh si pengusaha.

Selain itu, gudang juga biasanya dijadikan sebagai tempat distribusi usaha untuk memudahkan dalam proses penyaluran barang kepada konsumen dalam jumlah yang banyak. 

Manfaat menggunakan jasa sewa gudang

Umumnya, harga sewa gudang Jakarta terbilang terjangkau dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh si pemilik usaha. Nah, beberapa manfaat dari menggunakan jasa layanan sewa gudang ini antara lain sebagai berikut :

  • Dapat menghemat biaya operasional

Salah satu manfaat yang diperoleh pengusaha ketika menggunakan jasa sewa gudang yakni mampu menghemat biaya operasional.

Hal ini lantaran pengusaha dalam melakukan proses produksi, pengemasan hingga pengiriman barang dengan biaya yang lebih ringan karena masalah jarak yang terbilang dekat.

  • Proses stocking barang akan lebih cepat

Dengan menyewa gudang, Anda juga dapat mempercepat proses stocking barang karena jarak dekat pusat produksi. Sehingga, hal ini akan mempersingkat waktu dalam hal penyediaan barang yang dibutuhkan ke depannya.

  • Dapat memperlancar proses pengiriman barang

Manfaat yang tak kalah penting dari jasa sewa gudang Jakarta yakni dapat memperlancar proses pengiriman barang yang lebih cepat.

Sehingga, konsumen tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk bisa mendapatkan barang yang akan disalurkan nantinya.   

  • Pusat distribusi

Pengusaha tidak perlu menyediakan tempat penyimpanan sendiri dan tidak perlu melakukan pengecekan langsung.

Sebagai pengusaha kita dapat meminta informasi detail kepada pihak pengelola gudang tentang data barang masuk, stock maupun yang sudah keluar.

Termasuk resi pengiriman setiap kali barang dikirimkan sesuai order sehingga meningkatkan kepercayaan pembeli.

  • Tempat pemecahan barang.

Maksudnya barang yang masuk dalam jumlah besar biasanya dijual perusahaan ke konsumen dengan nilai lebih kecil.

Tugas manajemen gudang melakukan pengemasan sampai ke pengiriman ke berbagai kota tujuan para pembeli.

Bagaimana cara memilih jasa sewa gudang yang aman dan terpercaya?

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan jasa sewa gudang dalam mendukung sebuah bisnis yang dijalankan, bisa menggunakan tips dan trik di bawah ini.

  • Pastikan tempat sewa gedung berada di lokasi strategis

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih jasa sewa gudang yakni dengan memastikan lokasi tersebut berada di tempat yang strategis.

Dalam hal ini, Anda bisa melihat apakah tempat gudang tersebut berada dekat dengan jalan raya, jembatan dan lain – lain untuk memudahkan dalam akses bisnis ke depannya. 

  • Periksa ukuran luas gudang yang akan disewa

Selanjutnya, Anda juga perlu untuk memeriksa ukuran luas gudang yang nantinya akan disewa. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menunjang ketersediaan tempat apakah cukup untuk menyimpan barang – barang produksi usaha Anda nantinya.

  • Ketahui jangka waktu sewa yang ditetapkan

Hal yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam memilih jasa sewa gudang Jakarta yakni mengenai jangka waktu sewa yang ditetapkan.

Apakah jasa tersebut menerapkan sistem jangka sewa bulanan atau tahunan sesuai dengan keinginan Anda nantinya. 

Tinggalkan Balasan