Tips dan Etika Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

0
34
cara sukses wawancara kerja

Melamar pekerjaan secara kasat mata sangatlah mudah, tinggal menuliskan semua data diri dan melampirkan semuanya, tapi pada kenyataannya tidaklah semudah itu. Melamar kerja di kantor atau perusahaan,poin penting yang mempengaruhi diterima atau tidak adalah surat lamaran kerja. Untuk itu ada tips dan etika cara membuat surat lamaran kerja, seperti apa etika membuat surat lamaran kerja? Baca terus artikel ini ya.

Etika Membuat Surat Lamaran Kerja

Pernah nggak sih membuat surat lamaran kerja, terus sudah ditunggu-tunggu ternyata tidak kunjung ada panggilan kerja, atau interview? Jika pernah mengalami hal tersebut berarti sudah bisa dipastikan bahwa surat tersebut ditolak. Lalu apa yang membuat surat tersebut ditolak, apa karena pelamar tidak memperhatikan etikanya? simak ya tips dan etika berikut ini.

Beberapa Tips Dan Etika Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa tips dan etika cara membuat surat lamaran kerja, seperti ulasan berikut ini :

1. Gunakan Ejaan Yang Benar Sesuai EYD

Surat lamaran kerja bisa dibilang sebagai surat resmi, ada baiknya gunakan kata-kata yang sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Jangan sekali-kali menyingkat kalimat atau kata, misalnya yang =>yg, dengan =>dgn, dan masih banyak lagi. Untuk itu sebagai pelamar kerja harus memperhatikan hal ini, meskipun terlihat sepele, tapi bisa fatal akibatnya.

2. Hindari Menulis Ulang Yang Sudah Di Tuliskan Di Curiculume Vitae

Surat lamaran kerja bertujuan menjelaskan apa saja pencapaian yang sudah dicapai dan juga beberapa hal yang ada di curiculume vitae (CV). Untuk itu cara membuat surat lamaran kerja berikutnya yaitu jangan pernah menulis ulang seperti di dalam CV yang dilampirkan. Namun rangkum pencapaian tersebut dan tuliskan data dengan singkat dan tentunya menggunakan kata-kata yang menarik.

3. Pastikan Untuk Memperhatikan Paragraf

Pada poin ini penulisan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja jangan berbelit-belit, lebih baik langsung pada pokok pembahasannya saja. Paragraf awal harus ditulis dengan jelas, sehingga terkesan menjual, selanjutnya perhatikan pada paragraf terakhir harus terlihat tegas, lugas dan beri kesan positif.

Sehingga perusahaan yang dituju akan menghubungi ketika HRD atau pimpinan terkesan dengan surat lamaran kerja tersebut. Jangan pernah membuat paragraf terakhir dengankalimat yang kesannya menggantung, sehingga terkesan seperti tidak peduli.

4. Beri Ulasan Sedikit Tentang Perusahaan

Lakukan riset tentang perusahaan sebelum menuliskan surat lamaran kerja. Hal ini menjadi salah satu ips cara membuat surat lamaran kerja yang perlu untuk dipertimbangkan, sehingga perusahaan akan senang. Dengan mengetahui sedikit tentang seluk-beluk dan divisi perusahaan, akan menjadi poin plus bagi pelamar, sehingga pimpinan terkesan dan menerimanya.

5. Jangan  Terlalu Pamer Kemampuan

Tips yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jangan pernah menyebutkan semua kemampuan yang dimiliki, cukup sebutkan 2-3 kemampuan yang dianggap terbaik. Bukankah di dalam CV sudah dituliskan semua sebagai bahan referensi untuk perusahaan yang dituju?

6. Menunjukkan Kepribadian

Cara membuat surat lamaran kerja berikutnya yaitu memastikan surat lamaran tersebut mencerminkan  antusias untuk mendapat pekerjaan tersebut. Hindari menggunakan kalimat negatif, tapi sebaliknya gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis, sehingga cara ini dapat menjadi poin plus bagi pelamar.

7. Jangan Lupa Bubuhkan Tanda Tangan

Surat lamaran kerja yang ditulis  tangan wajib dibubuhi tanda tangan, sehingga menunjukkan keaslian dari surat lamaran kerja. Kecuali bagi yang menggunakan aplikasi online, sehingga tidak perlu tanda tangan lagi.

8. Presentasi

Sebaik dan semenarik apapun surat lamaran kerja, jika kotor, banyak typo, maka akan mengurangi penilaian. Untuk itu pastikan surat lamaran kerja diteliti dan dicek terlebih dahulu sebelum dikirim.

Demikian ulasan singkat tentang tips dan etika cara membuat surat lamaran kerja, untuk itu sangat dianjurkan bagi pelamar kerja untuk memperhatikan poin-poin di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu bagi pencari kerja dalam membuat surat lamaran kerja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini