Tips Cara Merawat Rambut Pria Agar Tetap Sehat Dan Lebat

0
27
cara merawat rambut pria

Rambut merupakan mahkota kepala untuk manusia. Seperti halnya anggota tubuh yang lain, rambut pun memerlukan perawatan agar tetap sehat dan indah. Seperti halnya wanita, rambut pria pun butuh perawatan agar rambut tetap sehat dan lebat. Rambut yang terawat adalah rambut yang sehat dan lebat. Adapun mau cara merawat rambut pria yang bisa dilakukan hanya dirumah saja.

Bagian sebagian pria beranggapan bahwa pria hanya perlu keramas saja agar rambut bersih dan sehat. Padahal jika kita lihat dari aktifitasnya,  pria melakukan banyak aktifitas sehingga produksi minyak di kulit kepala lebih banyak daripada wanita. Oleh karenanya, pria pun wajib melakukan perawatan. Mau tahu apa saja tips cara merawat rambut pria, yuk kita kupas satu per satu

1. Penuhi Nutrisi Sehari-hari Untuk Menunjang Kesehatan Rambut

Rambut juga membutuhkan nutrisi lebih, sama seperti anggota tubuh yang lain. Perhatikan asupan makanan agar rambut tetap sehat dan tidak cepat menjadi tua. Nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut adalah makanan yang berprotein tinggi seperti telur, kacang-kacangan, susu dan lain-lain.

Asupan nutrisi yang cukup membuat rambut tetap sehat. Susu dan minyak ikan sangat bagus untuk membantu produksi minyak pada kulit kepala agar membuat rambut tetap lembab. Hindari makanan instan atau junk food yang kurang mencukupi nutrisi harian.

Menjaga asupan nutrisi inilah yang menjadi salah satu cara merawat rambut pria. Selain protein dan omega tiga dalam minyak ikan,  perhatikan juga asupan vitamin dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

2. Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Tidak ada aturan yang melarang kita untuk keramas setiap hari. Namun, apabila kegiatan ini dilakukan setiap hari, maka kesehatan rambut akan terganggu. Mencuci rambut setiap hari menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Dikarenan kadar minyak dalam kulit kepala yang membantu menjaga kelembapan kulit berkurang.

Tips cara merawat rambut pria adalah dengan melakukan kegiatan mencuci rambut dua kali dalam seminggu. Dan gunakanlah sampo yang berbahan lembut dan tidak mengandung sulfat. Serta gunakanlah kondisioner yang berfungai sebagai pelembut dan membantu mengangkat sisa kotoran yang tertinggal dikulit kepala.

Hindari cara mengeringkan rambut dengan digosok-gosok sampai rambut terlihat berantakan. Lakukan cara mengeringkan rambut dengan menepuk-nepuk dengan handuk saja. Menggosok rambut setelah keramas dapat menyebabkan kerusakan  pada dasar kulit kepala. Dan juga, hindari pemakaian hair dryer  terlalu sering karena akan membuat rambut menjadi kering.

3. Gunakan Sisir yang Tidak Terlalu Rapat

Sisir yang terlalu rapat jaraknya dapat membuat rambut rontok. Gunakanlah sisir yang bergigi panjang agar rambut tidak tertarik sehingga menyebabkan kerontokan. Rambut rontok akan menyebakan kebotakan. Kalau ranbut sudah rontok sudah dipastikan kulit kepala tidak sehat.

4. Lakukan Kegiatan Memotong Rambut Secara Rutin

Cara merawat rambut pria yang satu ini jangan sampai terlupakan. Dengan memotong rambut secara rutin dapat menghilangkan ujung rambut yang mungkin saja bercabang atau rusak. Dengan menghilangkannya akan membuat rambut lebih terlihat sehat. Lakukanlah kegiatan ini dalam 1-2 bulan sekali ya.

5. Hindari Memakai Banyak Produk Untuk Rambut

Dengan menghidari banyak produk untuk rambut tentu sudah termasuk kedalam tips cara merawat rambut pria. Oleh karena itu, hindarilah pemakaian pomade, atau gel dan pewarna rambut yang hanya akan menjadikan rambut terlihat lebih berat dan tidak sehat. Jika rambut sudah terlihat berat,  tentu akan membuat anda terganggu bukan?.

Demikianlah penjelasan tetang beberapa tips cara merawat rambut pria. Semoga artikel ini membantu ya.  Jangan lupa untuk selalu pakai pola hidup sehat dengan mencukupi asupan nutrisi untuk tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini