Tingkatan Status Gunung Berapi

0
33

Tingkatan Status Gunung Berapi. Arti letusan gunung api & tingkatan status waspada, siaga,. Erupsi gunung merapi, abu vulkanik setinggi 6.000 meter, pada minggu (21/6/2020).

Infografis Mengenal 4 Jenis Tingkatan Status Gunung Berapi
Infografis Mengenal 4 Jenis Tingkatan Status Gunung Berapi from www.pantau.com

Gunung berapi di indonesia cukup banyak jumlahnya. Tingkatan kegiatan gunung ini mencerminkan potensi ancaman erupsi agar dapat memberikan peringatan dini kepada masyarakat disekitarnya. Indonesia adalah salah satu negara yang punya tingkat aktivitas gunung. Zona berbahaya juga telah diperluas dari 2 kilometer menjadi 5 kilometer dari puncak kawah. Para pakar gunung api membagi adanya 4 tingkatan status kegiatan gunung api.

Status aktif normal adalah aktivitas gunung berapi tidak ada perubahan aktivitias secara visual, seismik maupun letusan.

Mengenal 4 tingkatan status gunung berapi di indonesia. Bisa dibilang, gunung sedang dalam kondisi aman bila masih berstatus normal. Dari sejumlah itu, 69 nya yang terus dipantau secara rutin selama 24 jam setiap harinya. Tingkatan kegiatan gunung ini mencerminkan potensi ancaman erupsi agar dapat memberikan peringatan dini kepada masyarakat disekitarnya. Tingkatan status gunung secara umum, status gunung berapi di indonesia dibagi atas 4 status, yakni normal, waspada, siaga dan awas. Proses pelepasan material dari gunung berapi berupa lava, gas, abu dan lain sebagainya ke atmosfir bumi disebut.

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Tingkatan Status Gunung Berapi, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://greatnesia.com/

Tinggalkan Balasan