Tepung Kanji Ditangan Kreatif Penjaja Kuliner Kota Bandung

0
21

Anda semua pasti tahu tepung kanji. Bahan makanan yang satu ini memang banyak dikenal orang karena mudah diolah menjadi berbagai sajian makanan yang lezat. Selain itu, harganya pun murah dan bahan ini bisa dengan mudahnya anda dapat baik di pasar, supermarket, atau warung-warung kelontong. Banyak sajian kuliner yang bisa dibuat dari bahan tepung kanji ini. Jika anda ingin mencoba beragam olahan makanan yang terbuat dari tepung kanji ini, berkunjunglah ke kota Bandung.

Di kota yang memang sudah terkenal sebagai destinasi wisata kuliner ini, anda bisa dengan mudahnya menemukan para penjaja kuliner kaki lima yang menjual beragam olahan jajanan unik dari tepung kanji. Di kalangan orang Sunda sendiri tepung kanji lebih dikenal dengan istilah tepung aci. Maka, berbagai jajanan unik ini juga diberi berbagai nama unik dengan awalan Ci. Semakin tahun jajanan dari aci ini semakin berkembang dan variatif. Mungkin dulu kita hanya mengenal istilah Cireng untuk jajanan berupa aci yang digoreng dan cilok atau aci yang direbus dan kemudian dimakan dengan cara ditusuk atau dicolok dengan menggunakan tusuk sate. Saat ini sudah banyak ragam jajanan lain yang berasal dari tepung aci, seperti beberapa jajanan unik dan lezat ini.

CIMOL

cimol kuliner dari tepung kanji

Cimol adalah singkatan untuk aci di emol-emol. Istilah emol-emol disini merujuk pada cara si pembuat membentuk tepung aci dengan membulat-bulatkannya menggunakan tangan menjadi bulatan-bulatan kecil. Untuk pengolahannya, jajanan ini mirip seperti cireng, yaitu dengan cara digoreng. Yang membedakannya hanya wujudnya saja yang bulat kecil. Bumbu untuk melengkapi cimol saat ini juga variatif. Ada yang menyajikannya dengan bumbu kering aneka rasa atau bumbu kacang. Bahkan saat ini sudah muncul varian moring atau cimol kering dimana cimol dipotong tipis kemudian digoreng sehingga lebih mirip sajian keripik yang renyah.

CILOR

cilor

Cilor adalah singkatan untuk aci dan telor. Sesuai namanya, selain tepung aci jajanan ini juga menggunakan bahan baku telur. Aci yang sudah direbus kemudian dibentuk bulat dan ditusuk menggunakan tusuk sate. Kemudian aci yang sudah ditusuk ini digoreng dalam minyak yang panas dan besar kemudian ditambahkan telur yang sudah dikocok, sehingga telur yang digoreng di minyak panas tersebut akan menggulung dan menyelimuti aci. Sajian cilor ini akan lebih lezat dinikmati dengan tambahan saus.

CILUNG

Cilung adalah singkatan aci digulung. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika mencoba sajian aci yang satu ini. Cara membuat cilung yaitu digoreng dengan tehnik yang sesuai dengan namanya, yaitu digulung. Aci yang digulung-gulung ini akan membuat tekstur aci menjadi kenyal dan lentur, sehingga ketika anda mencoba menggigitnya, cilung ini akan melar dan memanjang seperti permen karet.

CIMIN

cimin cireng mini

Cimin adalah singkatan dari aci mini. Entah mengapa jajanan ini dinamai aci mini. Mungkin nama mini diambil dari bentuknya yang kecil mirip seukuran cimol, hanya saja cimin berbentuk kotak dadu. Aci berbentuk kotak dadu yang sudah direbus sebelumnya itu kemudian digoreng bersama dengan telur kocok sehingga tampak seperti telur dadar. Setelah matang kemudian kembali dikocok dan ditambah berbagai bumbu aneka rasa hingga telurnya hancur dan menyatu dengan aci dan bumbu yang dikocok tadi.

Itu tadi beberapa varian jajanan unik dari tepung kanji yang bisa dengan mudah anda temui di berbagai sudut kota Bandung. Harga dari berbagai  jajanan tersebut juga sangat terjangkau, berkisar mulai dari seribu rupiah saja. Jadi, segera rencanakan jadwal untuk berwisata kuliner ke kota kreatif yang seperti surga kuliner ini yuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here