Tempat-tempat Rekreasi di Surabaya yang Mempesona

0
13
tugu pahlawan
Tugu Pahlawan Surabaya

Keberadaan tempat rekreasi di Surabaya menjadi satu kebutuhan pokok di tengah padatnya aktifitas masyarakat urban di kota metropolis terbesar kedua di Indonesia dan pusat perekonomian serta bisnis di Jawa Timur ini.

Apalagi Surabaya juga menjadi tempat transit bagi para wisatawan dari luar propinsi maupun dari luar negeri yang akan berkunjung ke tempat-tempat wisata ternama di Jawa Timur, seperti Bromo, Malang, serta Banyuwangi, juga yang akan menuju ke Lombok dan Bali.

Tempat-tempat Rekreasi di Surabaya yang Menyuguhkan Pesona

Sebagai kawasan industri serta pusat perekonomian dan bisnis, keindahan alam tentunya bukan suguhan utama dari objek-objek wisata yang ada di Surabaya. Namun demikian, ada sisi yang berbeda yang ditawarkan spot rekreasi yang ada di Surabaya, sehingga membuatnya tetap memiliki pesona. Berikut tempat-tempat rekreasi di Surabaya yang mempesona tersebut:

Tugu Pahlawan

Monumen yang berada di tengah kota Surabaya ini dibangun untuk mengenang perjuangan arek-arek Surabaya saat melawan Sekutu yang dikenal dengan Pertempuran 10 Nopember dan hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Monumen ini berbentuk lingga  atau paku terbalik dengan tinggi 41.15 meter, dengan bentuk badan tiang melengkung atau canalures yang memiliki 10 lengkungan dengan 11 ruas.  Ukuran yang membentuk bangunan tersebut mengandung makna 10-11-1945 yang menjadi hari bersejarah bagi arek-arek Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kebun Binatang Surabaya

Inilah kebun binatang paling lengkap se-Asia Tenggara, dengan koleksi satwa lebih dari 350 spesies, dan sekitar 2000 lebih binatang masuk dalam kategori satwa langka. Pengunjung yang datang ke sini, selain dapat menikmati tingkah polah satwa-satwa liar di kandang-kandang yang sebagian dibuat mirip dengan habitat aslinya, juga bisa melihat kehidupan aneka satwa air di aquarium-aquarium dengan berbagai ukuran. Disiapkan juga gajah-gajah dan kuda-kuda, juga onta bagi para pengunujung yang ingin menikmati sensasi menaiki hewan-hewan tersebut.

House of Sampoerna

Tempat wisata dengan bangunan bergaya Romawi ini adalah sebuah museum sejarah rokok di Indonesia. Karena itu di dalamnya bisa ditemui perjalanan dari proses pembuatan rokok mulai dari cara tradisional hingga cara modern sebagaimana yang kita jumpai saat ini. Para pengunjung juga dapat menyaksikan proses pemilihan bahan pembuatan rokok, seperti tembakau dan cengkeh, proses pencampuran bahan, cara menggulung rokok secara manual dengan tangan, proses pembuatan rokok dengan mesin sampai dengan pengepakannya. Dinamakan House of Sampoerna, karena pemilik museum ini adalah pabrik rokok Sampoerna.

 Pantai Ria Kenjeran

Sebagai satu-satunya wisata pantai yang bisa dijual di Surabaya, Pantai Ria Kenjeran selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terutama pada akhir pekan atau pada hari-hari libur. Karena pada saat itu, pengunjung tidak hanya disuguhi dengan pemandangan pantai, tapi juga dapat menikmati berbagai acara yang rutin digelar. Seperti drag race di park sirkuit, pacuan kuda, lomba layang-layang, serta acara lainnya. Selain itu pada setiap bulan purnama selalu digelar pertunjukan barongsay yang dimainkan oleh beberapa grup barongsay yang sengaja didatangkan untuk  menghibur para pengunjung.

Masjid Cheng Ho

Masjid yang namanya diambilkan dari nama laksamana muslim dari China yang ikut membantu penyebaran agama Islam di Indonesia, yakni: Laksamana Cheng Ho. Berdiri di atas lahan seluas 3.070 meter2 dengan gaya bangunan bercitarasa Arab yang dipadu dengan gaya arsitektur China. Uniknya bentuk bangunan ditambah filosofi yang menghiasi setiap sudut bangunan yang ada. Membuat masjid ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati wisata ritual.

Selain kelima tempat tersebut di atas, masih banyak tempat rekreasi di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi, meski Surabaya sendiri bukan merupakan kota wisata. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here