Tari Merak Salah Satu Ikon Jawa Barat

0
348
tari merak

Tari Merak adalah salah satu tarian yang masuk dalam kategori kreasi baru yang berasal dari daerah Pasundan, Jawa Barat. Tari ini adalah sebuah karya dari seniman tari yang bernama Raden Tjetjep Soemantri pada tahun 1950.

Selain itu sesuai dengan namanya tarian merak ini mengekspresikan kehidupan burung merak, maka dari itu tak heran jika beberapa gerakan pada Tari Merak ini diambil dari kehidupan sehari – hari burung merak.

Sejarah Tari Merak

Mungkin bagi Anda yang belum tahu bahwa burung merak ini adalah salah satu burung yang memiliki bulu yang indah dan halus. Selain itu burung merak jantan juga selalu mengembangkan bulu ekornya untuk bisa menarik perhatian burung merak wanita.

Hal inilah yang diambil oleh Raden Tjetjep Soemantri sebagai inspirasinya dalam membuat gerakan pada tarian merak.

Ciri Khas Tari Merak

Ciri khas yang ditampilkan saat pertunjukan Tari Merak ini adalah kostum yang dipakai oleh para penari yang memiliki motif hampir sama dengan motif bulu burung merak. Terlebih lagi ditambah dengan sepasang sayap yang dapat melambangkan ekor burung merak saat berkembang.

Lalu tarian ini juga biasanya ditampilkan oleh 3 orang penari atau lebih yang berperan sebagai burung merak wanita dan laki – laki. Selain itu sebenarnya Raden Tjetjep Soemantri juga telah menciptakan beberapa tarian lagi tapi memang Tari ini adalah tarian yang paling terkenal bahkan hingga ke luar negeri.

Nah selain itu sebenarnya tari burung merak ini juga memiliki fungsi yaitu untuk dapat menarik wisatawan datang ke Jawa Barat. Sebagai tarian pembuka atau penyambutan tamu istimewa dalam sebuah acara budaya atau acara besar lainnya.

Tari ini juga bisa menjadi tarian hiburan yang ditampilkan pada acara pernikahan dan acara – acara biasa lainnya. Oleh karena itulah tarian merak ini telah menjadi ikon daerah Jawa Barat.

Tari Merak sendiri juga memiliki ciri khas yang terletak pada aksesoris yang digunakan oleh para penarinya seperti berikut ini :

Mahkota

Mahkota atau yang biasa juga disebut dengan siger ini adalah salah satu aksesoris yang tidak boleh tertinggal.

Hiasan Sanggul

Aksesoris yang berikutnya adalah hiasan sanggul yang digunakan untuk membedakan antara penari merak pria dan wanita.

Apok

Jika dilihat sekilas apok ini hampir dengan kalung yang digunakan oleh para penari merak untuk menutupi leher merak, nah apok ini juga memiliki fungsi untuk lebih memudahkan para penari dalam melakukan sebuah gerakan.

Nah itulah tadi beberapa hal mengenai Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat, jika Anda ingin mempelajari Tari ini atau hanya sekedar melihat pertunjukannya saja maka Anda bisa langsung datang saja ke sanggar tari yang berada di Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan