Tari Likok Pulo Aceh

0
19

Tari Likok Pulo Aceh. Tari likok pulo adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari aceh, indonesia. Tarian ini m erupakan tari kreasi baru.

Peserta Smn Aceh Tampilkan Tari Likok Pulo Antara News Papua
Peserta Smn Aceh Tampilkan Tari Likok Pulo Antara News Papua from cdn.antaranews.com

Syair sung by the syeh throughout the dance. Likok berarti gerak tari, sementara pulo berarti pulau. Tarian likok pulo adalah tarian tradisional yang berasal dari aceh, indonesia. Tari likok pulo berasal dari daerah aceh besar di ujung pelosok utara pulau sumatera. Seperti kebanyakan tarian aceh, tari ini merupakan tarian yang memiliki gerakan dinamis dan menuntut kekompakan para penarinya.

Kesenian tradisional ini berkedudukan di pulau beras selatan kampung ulee paya kemukiman pulau beras selatan kecamatan peukan bada kabupaten aceh besar.

Bentuk gerakan tarian ini adalah gerak tepuk tangan, dada, lutut, dan lantai diiringi dengan musik syahi. Ditjen kebudayaan | kementerian pendidikan dan kebudayaan Beberapa orang menyebut ini sebagai tari sudati. Tarian yang dibawakan oleh sekelompok pria itu diciptakan oleh imigran ulama dari saudi yang menetap di desa ulee paya. Sumber lain mengatakan, tari rampai merupakan kolaborasi beberapa tarian aceh, yakni seudati, laweut, dan likok pulo. Hal itu juga tercermin dalam beragam seni tari tradisinya, seperti tari.

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Tari Likok Pulo Aceh, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://greatnesia.com/

Tinggalkan Balasan