5 Sungai Terindah di Indonesia

0
39
sungai kapuas sungai terindah di indonesia
Sungai Kapuas - sumber gambar: news.okezone.com

Percaya atau tidak Indonesia memiliki sungai terindah yang pernah ada. Sungai di Indonesia biasanya indentik dengan kotoran, sampah, limbah dan sebagainya. Mengapa demikian. Kita tau sendiri bahwa beberapa sungai di Indonesia memiliki air yang cukup kotor, dan berbau tak sedap. Tapi jangan salah dari semua kasus tersebut tidak semua sungai di Indonesia memiliki kasus demikian. Jadi langsung aja kita bahas mengenai sungai terindah di Indonesia yang perlu diketahui.

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas sudah tidak asing lagi di dengar untuk saat ini. Sungai kapuas sendiri adalah sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini sendiri memiliki panjang 1140 Km. Sungai ini sendiri sudah terdaftar sebagai salah satu sungai terbesar di Asia Tenggara. Untuk di kawasan asia tenggara sendiri, sungai terbesar di Asia Tenggara adalah Sungai Mekong.

Untuk asal dari Sungai Kapuas sendiri berada di Kalimantan dan menjadi tempat sebagai mata pencarian oleh masyarakat di sana, di Sungai Kapuas sendiri memiliki ikan darat yang beragam di dalamnya. Ada sekitar 500 lebih spesies yang berbeda ada di sungai yang satu ini.

Sungai Tamborasi

sungai tamborasi
sungai tamborasi – sumber gambar: jpnn.com

Jika tadi membahas sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Maka selanjutnya adalah sungai terpendek di dunia. Tahukah kamu bahwa sungai terpendek di dunia adalah negara Indonesia? Jawabannya adalah Sungai Tamborasi. Ya itu memang fakta bahwa Indonesia memiliki sungai terpendek di dunia hanya memiliki panjang sekitar 20 m saja serta lebarnya hanya 15 meter saja.

Sungai Tamborasi adalah sungai yang terletak di Sulawesi Tenggara. Sungai Tamborasi sendiri digunakan oleh masyarakat Sulawesi Tenggara dijadikan sebagai tempat wisata seperti berenang atau pun sekedar berendam di dalam air sungai tersebut.

Sungai Musi

sungai musi
sungai musi – sumber gambar: srivijaya.id

Sungai terindah selanjutnya adalah Sungai Musi. Sungai Musi yang sangat terkenal dan tidak asing lagi di Indonesia. Sungai ini sendiri berada di Sumatera Selatan. Sungai ini memiliki panjang sekitaran 750 Km. Memang sungai ini tidak sepanjang Sungai Kapuas. Tetapi Sungai Kapuas dilintasi oleh jembatan Ampera sebagai ikon dari kota yang satu ini.

Jika berkunjung ke daerah yang satu ini tidak ada salahnya mencoba datang ke lokasi jembatan untuk menikmati suasana yang nyaman pada malam hari karena pemandangan pada malam hari terlihat megah dan indah jika dibandingkan berkunjung pada waktu siang hari.

Sungai Ayung

sungai ayung
sungai ayung – sumber gambar: blog.airpaz.com

Sungai Terindah selanjutnya adalah Sungai Ayung yang terletak di Bali, dan menjadi Sungai terpanjang di Bali. Sungai Ayung sendiri memiliki panjang berkisar 68 Km. Jika daerah Bali dikenal memiliki daerah yang dikenal indah dan sering dikunjungi wisatawan dikarenakan memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Bali memiliki sungai yang sering dijadikan sebagai tempat wisata dan olahraga air seperti Arum Jeram. Ini sangat cocok jika anda penyuka olahraga seperti Arum Jeram ini.

Sungai Kalibiru

sungai kalibiru - sungai terindah indonesia
sungai kalibiru – sumber gambar: lazone.id

Sungai Kalibiru adalah sungai terindah yang pernah ada. Sungai ini terdapat di Raja Ampat, Indonesia. Sungai ini memiliki air yang sangat – sangat jernih sekali. Sungai ini memiliki air yang berwarna biru sehingga kita dapat melihat sampai kedalam – dalam isi dari sungai ini.

Untuk dapat ke Sungai Kalibiru memiliki rintangan dikarenakan jarak ke Sungai Kalibiru sangatlah jauh dikarenakan letaknya yang berada di pedalaman Raja Ampat.

Itulah sungai – sungai terindah yang berada di Indonesia yang wajib dikunjungi jika ingin melihat atau ingin sekedar ingin tau mengenai sungai – sungai tersebut.

Tinggalkan Balasan