Sumur Resapan

0
25

Sumur Resapan. Perlu diperhatikan supaya kedalaman ini tidak mencapai atau melebihi muka air tanah. Perkuat dinding sumur, gunakan buis beton, pasangan bata kosong (tanpa plesteran) atau pasangan batu kosong.

Idr 225 000 00
Idr 225 000 00 from

Untuk mengetahui berapa biaya pembuatan sumur resapan, pertama kita harus membuat bill of quantity atau bq untuk pekerjaan tersebut. Hindari membuat galian yang terlalu dalam hingga mencapai bahkan melebihi sumber air tanah. Sumur resapan memiliki diameter 80 hingga 100 cm dengan kedalaman 1,5 meter namun tidak melebihi kedalaman permukaan air tanah. Sumur resapan berfungsi untuk menampung air pembuangan dan air hujan kedalam tanah. Sumur resapan berfungsi untuk menampung dan meresapkan air hujan yang jatuh di atas permukaan tanah baik.

Hal pertama yakni pembuatan sumur sebaiknya memiliki jarak 5 meter dari septic tank dan 1 meter dari pondasi bangunan.

(2008) merupakan sumur atau lubang pada permukaan tanah yang digunakan untuk menampung air hujan agar dapat meresap ke dalam tanah. Air hujan yang melimpah dan tidak dapat terserap kedalam tanah secara langsung dan sekaligus dapat menyebabkan banjir jika tidak ditampung kedalam sumur resapan (baca: Karena sifatnya yang konservasi air, maka cara kerja sumur resapan agar air tetap ada di dalam tanah. Meskipun tidak seluruh masalah dapat diatasi, namun sumur resapan ini secara teoritis akan banyak membantu meringankan kedua masalah tersebut sekaligus. Sumur air minum digali lebih dalam lagi atau di bawah muka air tanah. Sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh di atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah.

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Sumur Resapan, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://greatnesia.com/

Tinggalkan Balasan