Siapakah Yang Menjadi Pelopor Anime?

0
82
anime

Sebagai penggemar anime pernahkah kamu berpikir siapa sih orang yang menjadi pelopor atau pendiri anime? Ternyata orang yang menjadi pelopor anime yaitu seorang artis Jepang yang bernama Ōten Shimokawa. Ōten Shimokawa atau yang sering dipanggil dengan sebutan Hekoten Shimokawa merupakan seorang artis Jepang yang menjadi pelopor anime.

Biodata Singkat Ōten Shimokawa :

Nama Lengkap : Ōten Shimokawa
Nama Lain : Hekoten Shimokawa
Lahir : Mei 1892
Meninggal : Mei 1973
Kebangsaan : Jepang
Pekerjaan : Seorang Animator
Dikenal Dari : Sebuah anime yang berjudul Imokawa Mukuzo Genkaban no Maki.

Meskipun Sejarah Anime Dari Masa Ke Masa mengungkapkan bahwa anime pertama yang ditayangkan itu adalah anime yang berjudul “Katsudo Sashin” (bukan buatan Ōten Shimokawa), tetapi yang menjadi pelopor anime bersuara (ber-dubbing) adalah Ōten Shimokawa. Dia dikenal dengan anime yang dibuatnya berjudul Imokawa Mukuzo Genkaban no Maki.

Imokawa Mukuzo Genkaban no Maki merupakan anime pertama yang ditayangkan sebagai anime bersuara tepatnya pada tahun 1917. Sepuluh tahun kebelakang tepatnya pada tahun 1907 juga ada anime yang ditayangkan berjudul Katsudo Sashin. Namun sayangnya anime Katsudo Sashin hanyalah gambar bergerak yang mempunyai durasi singkat yaitu sekitar 10 detik saja. Selain itu, anime Katsudo Sashin juga merupakan anime bisu, atau anime tanpa suara yang ditayangkan. Jadi anime tersebut kurang cocok untuk dikatakan sebagai anime utuh. Karena durasinya sebentar seperti gif, dan juga gambarnya masih hitam-putih.

Banyak orang yang menganggap anime buatan Ōten Shimokawa lebih cocok dianggap sebagai pelopor anime yang ada di zaman sekarang. Anime Imokawa Mukuzo Genkaban no Maki mempunyai durasi hanya 5 menit saja. Meskipun mempunyai durasi yang sangat singkat, tetapi menurut animatornya, Ōten Shimokawa mengatakan bahwa Anime Imokawa Mukuzo Genkaban no Maki digarap dan diproduksi selama 6 bulan lamanya. Tentu saja hal ini kurang mengejutkan karena teknologi yang jauh berbeda antara anime tahun 1917 dengan anime yang tayang di zaman sekarang ini.

Nah jadi itulah pembahasan mengenai siapakah yang menjadi pelopor anime. Bukan hanya Jepang saja yang membuat animasi, tetapi negara-negara lainnya juga ikut bersaing untuk membuat animasinya sendiri termasuk di Indonesia. Semoga saja animasi lokal buatan anak bangsa Indonesia bisa lebih maju lagi kedepannya.