Setan di Indonesia yang Tidak Ada di Luar Negeri

2
43
setan indonesia

Kalau berbicara tentang teknologi, sudah tentu Indonesia angkat tangan. Kita akan kalah jika dibandingkan dengan negara maju seperti Amerika, Cina, Inggris, Belada dan negara lainnya. Tetapi dalam hal makhluk halus, Indonesia memiliki banyak macam. Tentunya luar negeri tidak pernah mengetahui. Maka dari itu, kita sebagai orang Indonesia harus bangga memiliki setan yang beraneka ragam wujudnya.

Seperti yang dilakukan Antropolog termashur di Jawa bernama Cliford Geertz yang telah meneliti Purwokerto sebagai lokasi menentukan karakter kehidupan masyarakat. Ia menyimpulkan bahwa masyarakat di tanah Jawa terbagi tiga golongan, yakni abangan, santri dan priyayi. Dalam bukunya juga menuliskan secara deskriptif beberapa jenis mahluk halus yang ada di Jawa. Walaupun ia tidak pernah mengetahui, namun lewat wawancara masyarakat setempat akhirnya mampu menginterpretasikan secara detail. Mengenai makhluk halus di Indonesia adalah:

Pocong

Pocong merupakan wujud manusia yang sudah meninggal dan tali ikatnya yang ada di kepala lupa tidak dilepas. Pocong diyakini oleh masyarakat Indonesia sebagai arwah seseorang yang telah meninggal akan tetapi tidak diterima di alam kubur. Sehingga dia gentayangan di alam manusia.

Pocong tidak bisa berjalan, ia harus melompat-lompat, sebab kakinya masih terikat oleh tali. Pocong biasanya mendatangi Modin untuk dimintai bantuan agar tali pocongnya dilepaskan. Setelah itu dia tidak akan menganggu orang-orang lagi.

Gendruwo

Gendruwo merupakan sosok yang menyeramkan. Ia dipercaya memiliki bulu panjang, seluruh tubuhnya hitam, matanya merah, kuku kaki dan tangannya panjang, dan memiliki siung seperti macan. Dia lebih suka bertempat tinggal di pohon bambu.

Orang yang mengetahui mahluk halus, kalau tanpa ada angin dan pohon bambu bergoyang-goyang sendiri, berarti ada Gendruwo yang sedang bermain. Gendurwo merupakan makhluk halus yang suka menggoda manusia. Dia tergolong setan yang usil. Tetapi jika orang yang diganggu berani, dia semakin takut.

Kuntilanak

Kuntilanak dipercaya berwujud perempuan yang kalau tertawa secara lepas. Bahkan dari beberapa orang berpendapat si Kunti hanya tertawa tanpa berbicara. Kuntilanak dipresentasikan memiliki pakaian serba putih, berambut panjang, wajahnya tertutupi oleh rambut, suka terbang sembari tertawa terbahak-bahak. Dia memiliki kesukaan menggoda anak kecil.

Dia berasal dari seorang wanita hamil dan disiksa oleh orang laki-laki jahat, sampai ia meninggal. Pada akhirnya ia tidak terima dan ingin membalas dendam ke orang-orang yang jahat kepadanya. Ketika melihat anak kecil, ia suka. Ia mengira bahwa anak tersebut anaknya.

Tuyul

Tuyul adalah makhluk halus yang dipercaya memiliki kelebihan mampu mengambil uang. Banyak orang mencari pesugihan dengan mengadopsi Tuyul. Tuyul dipresentasikan sebagai bocah kecil yang hanya bercawat putih. Dia tidak makan tetapi minta minum disusui majikannya.

Tapi yang disedot Tuyul tersebut bukan susu melainkan darah. Sehingga majikan seiring berjalannya waktu akan kurus, kering dan meninggal. Tuyul sering dimanfaatkan orang untuk mengais uang para masyarakat.

Dalam mengambil uang, dia tidak tebang pilih. Selagi ada celah, berarti dia langsung melaksanakan aksinya. Itu merupakan dedikasinya teradap majikan karena telah memberi susu setiap harinya.

Maka sudah sewajarnya ia mencarikan uang kepada majikan. Banyak orang percaya salah satu kelemahan Tuyul adalah dengan kaca cermin. Apabila dia melihat cermin maka seketika takut. Karena dia merasa bahwa dirinya buruk rupa, selain itu benda lainnya adalah bawang putih.

Itulah empat makhluk halus yang kita miliki. Sudah sepantasnya kita bangga dengan orang Indonesia bahwa memiliki setan yang tidak ada di luar negeri. Bahkan gara-gara hal ini, tidak sedikit peneliti luar negeri datang ke Indonesia untuk menggali informasi sosok mahluk halus.  

2 KOMENTAR

  1. Ternyata setan pun identitasnya sesuai dengan lokasi tempatnya berada ya Mas.
    Setan-setan Indonesia itu mungkin kini jadi populer juga di luar negeri ya, kan mereka sering nongol di film-film bertema horor…

    Salam,

Tinggalkan Balasan