Serba-serbi Pakaian Adat Bali yang Wajib Diketahui

0
82
pakaian adat bali

Bangsa Indonesia memiliki warisan adat dan kebudayaan yang beraneka ragam, salah satu warisan sampai saat ini masih digunakan adalah pakaian adat. Dari ratusan macam pakaian adat yang ada di Indonesia, salah satu yang paling dikenal adalah pakaian adat bali.

Namun, tahukah Anda pakaian adat orang Bali itu seperti apa? Apa yang membedakan pakaian adat ini dengan pakaian-pakaian adat yang lainnya? Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Pakaian Adat Baju Safari

Salah satu pakaian adat bali yang sering dipakai oleh kaum pria adalah baju safari. Baju ini punya bentuk yang hampir mirip dengan kemeja biasa. Yang membedakan baju safari dengan kemeja terletak di kerah dan dua bagian saku yang ada di sebelah kiri dan kanan bawah.

Ada juga saku tambahan di bagian dada sebelah kiri. Dengan bentuknya yang unik dan berciri khas ini, baju safari sering dilambangkan sebagai simbolisasi kebersihan karena warna bajunya yang didominasi oleh warna putih. Pakaian adat ini sering dipakai oleh orang Bali untuk acara-acara peribadatan, acara adat, atau acara-acara besar lainnya.

Pakaian Adat Kebaya Bali

Pakaian adat kebaya ternya tak cuma dimiliki oleh orang Jawa, tapi juga orang Bali, sehingga disebut juga sebagai kebaya bali. Dari segi modeln sebenarnya kebaya bali hampir mirip dengan kebaya jawa. Hanya saja kebaya bali punya motof dan corak yang lebih sederhana daripada kebaya jawa.

Dari segi warna yang digunakan pun lebih cerah, misalnya warna kuning, putih, merah muda, atau jingga. Ciri khas utama kebaya bali ada pada penggunaan selendang yang diikat menjadi sabuk. Dengan adanya aksesoris tambahan semacam itu, sisi anggun dan menawan seorang wanita dapat terpancar.

Pakaian Adat Kamen

Selanjutnya ada kamen. Pakaian adat bali yang satu ini pasti sudah sering Anda lihat di acara-acra kesenian bali. Ciri khas utama kamen ada pada motif kain hang digunakan, yaitu motif kotak-kotak berwarna hitam dan putih yang menyerupai sarung. Kamen ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita, namun digunakan dengan cara yang berbeda.

Apabila yang menggunakan kamen adalah pria, maka kamen harus diikatkan melingkar di area pinggang dari sebelah kiri lalu memutar ke sebelah kanan. Kemudian, kain dilipat sedikut hingga membentuk simpul yang berada di bagian depan. Sementara itu, untuk wanita cara penggunaannya adalah diikat melingkar di area pinggang tanpa perlu diberi simpul di bagian depannya.

Pakaian Adat Sabuk Prada

Sekilas, nama pakaian adat ini seperti nama salah satu merk terkenal asal Paris. Meski namanya sama, namun bentuknya berbeda. Sabuk prada merupakan sabuk khas orang bali yang biasa digunakan oleh kaum hawa. Fungsi sabuk ini adalah untuk menahan kamen agar tetap rapat.

Sabuk ini punya motif dan warna khas bali yang bermakna sebagai pelindung tubuh wanita, terutama bagian rahim yang menjadi salah satu pemberian terindah dari Tuhan.

Pakaian Adat Udeng

Pakaian adat yang terakhir adalah udeng. Udeng merupakan salah satu pakaian adat bali yang paling dikenal. Udeng punya fungsi sebagai penutup kepala yang terbuat dari kain lalu dijahit hingga membentuk suatu simpul khas di bagian tengahnya.

Pemakaian udeng bisa Anda lihat di acara-acara adat khusus seperti ngaben. Udeng adalah salah satu aksesoris adat yang dipakai oleh kaum pria, dan memiliki dua warna berbeda untuk dipakai di acara keagamaan atau aktivitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan