Senjata Tradisional Aceh Siwah

0
137

Senjata Tradisional Aceh Siwah. Siwah adalah senjata tajam sejenis dengan rencong yang juga merupakan senjata untuk menyerang. Jenis senjata tradisional aceh ini dahulunya digunakan pada zaman kesultanan aceh yakni pada masa pemerintahan sultan ali mughayat syah (sultan aceh pertama).

11 Senjata Tradisional Aceh Yang Terkenal Dan Sakti Pada Zamannya Goodminds Id
11 Senjata Tradisional Aceh Yang Terkenal Dan Sakti Pada Zamannya Goodminds Id from goodminds.id

Rencong adalah senjata tradisional milik masyarakat aceh yang merupakan simbol identitas diri, keberanian dan ketangguhan suku aceh. Reuncong) adalah senjata tradisional aceh, bentuknya menyerupai huruf l, dan bila dilihat lebih dekat bentuknya selain rencong, bangsa aceh juga memiliki beberapa senjata khas lainnya, seperti sikin panjang, perisai awe, perisai teumaga, siwah, geuliwang dan peudeung. Berlanjut pada senjata yang bernama peudeung.

Senjata ini sejenis dengan rencong yang juga merupakan senjata untuk menyerang.

Zaman dahulu masyarakat aceh menggunakan senjata tradisional sebagai pembantu keperluan hidup mereka. Selain cantik, di daerah itu juga memiliki kekayaan budaya dan senjata kuno yang masih dikoleksi oleh warganya. Siwah adalah salah satu senjata tradisional aceh dengan bentuk dan fungsi yang hampir sama dengan rencong. Senjata ini, dahulu menjadi salah satu senjata andalan masyarakat aceh untuk menyerang penjajah.

Tinggalkan Balasan