Sekelumit Kisah BJ Habibie Selama Hidupnya

0
9
bj habibie

Siapa yang tidak kenal dengan Pak Habibie? Orang yang pernah menjabat menjadi presiden ke 3, menggantikan pemerintahan Presiden Soeharto. Sebelumnya BJ Habibie menjabat sebagai wakil presiden. Bukan hanya kisah cintanya dengan Bu Ainun yang sudah melegenda, namun sumbangsih karyanya yang membuatnya semakin dielukan oleh rakyat Indonesia.

Pak Habibie merupakan salah satu tokoh di Indonesia yang terkenal dengan kecerdasannya. Bahkan ada yang mengatakan kecerdasannya sama dengan orang Jerman yang sudah terkenal  dengan orang-orang yang cerdas. Agar lebih tahu tentang sejarah kehidupannya, berikut akan dijelaskan lebih lengkap tentang Pak Habibie.

Biografi Lengkap BJ Habibie

Nama lengkapnya adalah Prof. DR (HC) Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin  Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan sebutan BJ Habibie. Dia terkenal rajin belajar sehingga banyak sekali pecapaiannya semasa hidupnya. Agar lebih kenal dengan Pak Habibie, berikut biografinya.

1. Kelahiran

Pak Habibie merupakan anak ke empat dari ayah yang bernama Alwi Abdul Jalil Habibie dan ibu bernama R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Dia lahir di Pare-Pare tanggal 25 Juni 1936 di Provinsi Sulawesi Selatan. Di masa kecil, Habibie sudah menujukkan kecerdasannya dan semangat tinggi pada ilmu pengetahuan, khususnya teknologi Fisika.

Habibie tumbuh di lingkungan religius, ayahnya sering membacakan ayat-ayat suci Al Quran sejak dia masih kecil. Dan membuat pengaruh positif pada Habibie kecil, Itu sebabnya dia bisa membaca Al Quran dengan lancar sejak umur tiga tahun. Habibie juga terkenal dengan kecerdasannya.

2. Pendidikan

BJ Habibie menuntaskan sekolah dasarnya di Pare-Pare. Tapi setelah ayahnya wafat, keluarganya pindah ke Jawa. Di sana Habibie melanjutkan ke SMP 5 Bandung. Selanjutnya mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Atas di GouvermentsMidllebareSchool di kota yang sama. Kemudian dilanjutkan ke Fakultas teknik ITB dengan jurusan  ilmu teknik mesin pada tahun1954.

Tak lama belajar di ITB, tahun 1955 Habibie mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan ke Negara Jerman. Dengan spesialisasi kontruksi pesawat terbang atau teknik penerbangan di Rhein Westfallen Aachen Technisce Hochscule (RWTH). Dan mendapatkan gelar Ing pada tahun 1960.

Belum puas untuk menuntut ilmu, habibie melanjutkan studi doktornya Technische Hochshule Die Facultaet Fuer Maschinenwrsen dan lulus tahun 1965. Setelah lulus, dia bekerja di sebuah kereta api Firma Talbot di Jerman. Habibie bekerja sambil melanjutkan studi doktornya.

3. Keluarga

Siapa yang tidak tahu tentang film Habibie Ainun, di dalamnya terkisah cinta sejati antara BJ Habibie dengan istri tercintanya yaitu Ibu Ainun. Kisahnya diawali antara Habibie dan Ainun ketika remaja, namun keduanya saling memperhatikan saat sama-sama satu sekolah SMA di Bandung. Komunikasi mereka terputus ketika Habibie melanjutkan sekolah di Jerman, sedangkan Ainun tetap sekolah di Indonesia.

Habibie Ainun menikah pada tahu 1962, dan langsung diboyong ke Jerman karena Habibie masih kuliah di sana. Ketika menikah dengan Habibie, Ainun merasa dilema. Karena dihadapkan dua pilihan, yang pertama tetap bekerja di Rumah sakit Hamburg atau sebagai ibu rumah tangga yang berkarya di belakang layar. Dari hasil pernikahan mereka dikaruniai dua putra yang diberi nama Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Itulah sekelumit perjalanan kehidupan BJ Habibie.  Dengan segala kejeniusannya, Habibie sudah banyak memiliki pengakuan dari lembaga kelas internasional. Bahkan karena penemuannya, dia mendapat  julukan Mr. Crack. Dia pernah mendapatkan penghargaan bergengsi yang setara dengan Hadiah Nobel, yaitu Edward Warner Award dan Award For Karman. Menarik bukan kisahnya?

Tinggalkan Balasan