Sejarah Singkat Twitter

0
40
sejarah singkat twitter

Untuk saat ini, siapa sih yang nggak kenal Twitter? Sepertinya kenal semua ya. Hal ini karena memang, aplikasi berwarna biru dengan logo seperti burung tersebut terus mengalami perkembangan yang sangat pesat dan sudah menjadi media sosial yang terkenal se dunia.

Maka dari itu, nggak ada salahnya ya buat mencari tahu bagaimana sejarah singkat Twitter, dan apa saja manfaat Twitter pada kehidupan modern.

Jika kita mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Similar Web Tahun 2019 pada tanggal 1 januari, dengan kategori Internet and Telecom, maka media sosial satu ini berada di urutan yang 3. Sementara berdasarkan data penelitian Global Rank, Twitter menempati posisi yang ke 6.

Dengan pencapaian tersebut, sangat tidak heran jika kepopularitasan Twitter terus meroket dan digunakan untuk berbagai hal. Seperti media belajar, kampanye, berbagi pajangan atau pendapat, atau yang lainnya. Menariknya, aplikasi ini akan terus mengalami peningkatan jika ada sebuah hal yang ‘trending’.  Daripada penasaran, yuk simak penjelasan berikut.

Sejarah Singkat Twitter

Dilansir dari situs Klikjon.com, Twitter merupakan media sosial sekaligus mikroblog yang memungkinkan kamu untuk mengirim dan juga membaca pesan, yang mana pesan tersebut dibatasi. Yakni, hanya diperbolehkan di bawah 280 karakter saja, dan pesan ini akan dikenal dengan istilah atau sebutan tweet.

Awalnya, jumlah karkater yang diperbolehkan tidak sampai 280 loh, melainkan hanya sebatas 140 karakter saja. Namun, di tahun 2017, tepatnya tanggal 7 November, barulah jumlah karakternya ditambah menjadi 280 karakter.

Aplikasi ini didirikan 21 Maret 2016 oleh laki-laki yang bernama Jack Dorsey, Evan Williams, Noah Glass dan juga Biz Stone. Dirilis secara publik tanggal 15 Juli 2006. Waw, sudah cukup lama ya!

Markas mereka ada di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Aplikasi Twitter ini diperkenalkan yang pertama kali di sebuah acara diskusi yang dilaksanakan oleh Odeo, yakni sebuah perusahaan podcast. Dalam hal ini, Twitter dikenalkan oleh Jack Dorsey.

Jack Dorsey sendiri merupakan mahasiswa sarjana dari Universitas New York. Jack menyampaikan gagasannya tentang penggunaan pesan singkat yang bisa digunakan untuk berkomunikasi di sebuah kelompok yang kecil, lalu menimbulkan sebuah interaksi. Selain itu, Jack juga karyawan Ordeo.

Sementara Evan Williams dan Biz Stone berasal dari Google. Untuk pertama kalinya, Twitter digunakan oleh karyawan Ordeo, kemudian versi lengkapnya dirilis tahun 2016.

Kemudian, di akhir 2016, Biz Stone, Evan Williams, dengan mantan karyawan Ordeo yang lainnya mulai mendirikan perusahaan. Nama perusahaannya adalah Obvious Corp. Mereka kemudian mengakuisisi Ordeo dengan semua aset di Ordeo.com, Twitter.com dari investor dan pemegang saham.

Awal dari pendirian Twitter adalah dari perusahaan yang terpisah, di tahun 2007 bulan April oleh Obvious Corp, yang saat itu berdiri sebagai perusahaan mandiri. Namanya adalah Twitter,inc.

Nama aslinya ialah Twitter, yakni gagasan yang sudah disampaikan oleh Evan Williams. Di mana, ia merasa terinspirasi dari Flickr dengan kode singkat SMS Amerika yang dibatasi hanya lima digit saja.

Awalnya, developer hanya memberikan angka ‘10958’ yang dijadikan sebagai kode singkat layanan, akan tetapi dibuat menjadi angka ‘20202’. Hal ini agar lebih mudah diingat. Proyek ini kemudian mulai dikerjakan tahun 2006, tanggal 21 Maret, yakni saat Jack Dorsey mempublikasikan pesan singkat Twitter pertama ketika pukul 9:50 PM PST.

Untuk saat itu, pesan instan cukup populer. Misal, AOL Instant Messenger. Karena inilah, kemudian Jack mulai mempertanyakan kepada dirinya, apakah ia bisa menggabungkan ide yang awalnya hanya untuk membuat layanan instan saja. Dan dari situlah ide Twitter berasal.

Sementara untuk konsep awalnya, yakni berupa sistem yang memungkinkan semua pengguna mengirimkan pesan yang bisa dibaca semua orang. Setelah melakukan banyak revisi, kemudian Twitter bisa menjadi sebuah layanan jejaring sosial yang menawarkan fitur berupa postingan pesan singkat ataupun status, serta beberapa fitur lainnya yang tidak kalah menarik.

Kepopuleran Twitter sudah dimulai ketika tahun 2007. Yakni ketika adanya sebuah festival musik, South by Southwest. Saat digelarnya acara festival musik terkenal tersebut, pengguna dari Twitter terus meningkat, bahkan hingga mencapai 40.000 user baru dalam sehari. Padahal awalnya, satu hari hanya ada 20.000 tweets saja. Sehingga, dalam sehari menjadi 60.000 tweets.

Sebuah pencapaian yang luar biasa!

Manfaat Twitter

Tentu, meningkatnya jumlah pengguna Twitter disebabkan manfaat yang diberikannya. Iya kan? Secara sederhana, ada beberapa manfaat Twitter yang mesti kamu pahami. Salah satunya ialah sebagai media komunikasi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa manfaat Twitter berikut.

1. Media Komunikasi

Manfaat pertama ialah sebagai media komunikasi. Ya sesuai dengan namanya lah ya.

Nah, aplikasi satu ini memungkinkan kamu untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan pengguna yang lain. Kamu bisa mengirimkan pesan kepada pengguna lain, baik pesan personal ataupun pesan terbuka.

Aplikasi keren ini juga akan menghubungkan pengguna yang satu dengan pengguna lain yang berasal dari negara lain. Untuk memanfaatkannya sebagai media komunikasi, maka kamu bisa menggunakannya dengan cara yang sangat mudah, loh. Pokoknya, nggak butuh waktu lama deh untuk mempelajari aplikasi Twitter ini.

2. Media Bisnis

Manfaat yang kedua adalah sebagai media bisnis. Di mana, kamu bisa mempromosikan bisnis kamu kepada orang lain. Caranya mudah, cukup dengan menulis tweet saja tentang bisnis yang kamu jalankan, kemudian bagikan.

Sederhana sekali, bukan? Dengan demikian, maka akan banyak sekali orang yang mengetahui tentang bisnis yang kamu jalankan, sehingga jika ada yang tertarik, mereka bisa langsung mengomentari atau menghubungi kamu.

Sesederhana itu. Bahkan nih, mereka juga bisa loh me-retweet. Hal ini agar bisnis kamu bisa menjangkau orang lebih banyak lagi.

3. Berbagi informasi, berita, dan pendapat

Manfaat berikutnya adalah memungkinkan kamu untuk membagikan informasi, berita, ataupun pendapat. Caranya adalah dengan membuat tweet. Kamu bisa membuat sebuah tulisan, kemudian untuk membagikannya, kamu bisa mengklik tombol tweet saja. Gampang kan? Jika kamu perhatikan, ada banyak sekali pengguna Twitter yang mengambil manfaat dari informasi, berita, atau pendapat yang beredar.

4. Berbagi motivasi

Manfaat yang tidak kalah pentingnya adalah berbagi motivasi. Ketika sedang berselancar di Twitter, kamu akan menemukan banyaknya akun-akun motivasi. Di mana, akun mereka hanya berisi kata-kata bijak atau mutiara saja, yang nantinya akan membangkitkan semangat hidup orang lain yang membacanya. Iya kan?

Maka, kamu bisa mengikuti akun tersebut agar dapat melihat postingan terbaru mereka. Dengan mengikuti, membaca postingan yang berbau motivasi tentu akan memberikan aura positif bagi diri kamu.

Atau bahkan, jika kamu mau, kamu juga bisa membuat akun kata-kata bijak agar bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

***

Demikianlah sejarah singkat Twitter dan juga manfaatnya yang mesti kamu ketahui. Bagi kamu yang belum main twitter, coba deh download, buat akun, dan gunakan akun tersebut. Maka kamu akan menemukan banyak manfaat di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan