Sebelum Menabung, Kenali Dulu Yuk Perbedaan Tabungan Konvensional dan Tabungan Syariah Berikut Ini!

0
15
cara menabung cepat

Kegiatan menabung merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mengelola kondisi keuangan Anda menjadi lebih sehat. Paling tidak jika Anda memiliki uang simpanan sendiri, kelak uang tersebut bisa digunakan untuk apapun sesuai dengan keinginan, mencegah resiko masa sengsara di masa depan. Karena tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Sekarang ini jenis-jenis tabungan memang semakin beragam. Diantaranya tak hanya tabungan dari bank konvensional melainkan juga tabungan syariah.

Lalu sebenarnya apa perbedaan antara tabungan konvensional dengan syariah ini, berikut yang patut diketahui, yaitu:

  1. Keberadaan bunga, tentunya banyak diantara Anda yang sudah tahu bahwa tabungan konvensional menggunakan sistem bunga dalam setiap produknya, semakin besar jumlah tabungan maka bunga yang didapatkan juga semakin tinggi. Namun bank syariah ini bebas dari bunga. Sehingga lebih dijamin kehalalan produknya.
  2. Prinsip, pada dasarnya tabungan konvensional menggunakan prinsip ekonomi perbankan pada umumnya guna memberikan benefit pada nasabah mereka. Sedangkan berbeda dengan tabungan syariah dimana mereka memakai prinsip atau hukum ekonomi Islam. Jadi pengelolaan dananya tersebut disimpan menggunakan akad wadiah dan juga akad mudharabah.
  3. Produk-produknya, faktanya memang tabungan syariah ini sendiri memiliki jauh lebih banyak produk dibandingkan dengan tabungan konvensional. Dimana sekarang ini sudah ada tabungan haji, tabungan qurban dan yang lainnya. Sedangkan untuk produk tabungan konvensional biasanya terbatas pada tabungan berjangka dan juga rencana.
  4. Keuntungan, jelas keuntungan yang didapatkan antara keduanya juga berbeda, dimana memang tabungan konvensional keuntungannya dinilai dari seberapa besar bunga yang diberikan, sedangkan untuk syariah dilihat dari perjanjian antara kedua belah pihak.

Sekarang ini tabungan syariah bahkan mengeluarkan produk tabungan masjid. Dikhususkan bagi mereka yang memiliki rencana untuk membangun masjid kelak di masa depan. Ataupun untuk himpunan dana bantuan dari berbagai pihak. Bank Syariah Bukopin salah satu bank syariah yang unya banyak nasabah di Indonesia, produk yang ditawarkan juga beragam bukan sekedar tabungan saja, melainkan juga pendanaan.

Tinggalkan Balasan