Sabar, Yu Bisa

0
21
sabar

Menjalani kehidupan memang tidak selamanya mulus, karena terkadang ada saja kerikil atau masalah yang menghadang. Dan kadang kala masalah yang timbul bukan karena ulang diri kita sendiri, namun ada saja yang mencoba membuat kita seperti menjadi seorang yang berbuat salah.

Siapa sih yang tidak terganggu karenanya?, ya, aku juga pasti merasa terganggu jika mengalami hal demikian. Namun, kita harus ingat, bahwa Allah sangat menyayangi orang- orang yang sabar, dan balasannya itu adalah syurga. Masya Allah, memang berat untuk bisa bersabar, namun tidak ada salahnya kita mencoba untuk dapat menjadi manusia yang sabar.

Kesabaran juga menunjukkan kualitas atau tinggi rendahnya iman seseorang. Sebab, ujian yang berat dalam kehidupan sering kali membuat seseorang merasa dirinya ada di titik nadir. Sabar juga diartikan sebagai husnudzon dengan ketentuan Allah SWT.

Setiap takdir yang Allah SWT tentukan, kita harus percaya ada hikmah dan kebaikan yang selalu bisa kita petik. Dengan sabar, seseorang akan bijak dalam menghadapi hidup, dan orang yang bijak adalah orang yang mampu bangkit dari keterpurukan dan mau memetik hikmah dari setiap kejadian.

Untuk itu, yuk kita bisa sabar dengan berusaha mencobanya dengan melatih diri kita agar selalu bisa bertawakal atas segala bentuk usaha dalam hidup. Berarti dengan tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT, kita benar- benar menyerahkan segala bentuk hasilnya hanya kepada Allah SWT.

Jadi, simplenya ya, Allah ada kok untuk kita, kita tinggal jalani aja dengan berusaha.  Lalu yang seterusnya itu kita niatkan semuanya dalam hidup itu karena Allah SWT. Kalau sudah niat semuanya hanya untukNya, jadi kita tinggal berjalan dengan bismillah saja.

Yang ketiga adalah dengan berpuasa. Berpuasa tidak hanya sekadar tidak makan dan minum saja. Menjaga diri dari syahwat, emosi juga merupakan arti dari puasa. Dengan berpuasa kita mampu menahan semuanya yang akan merusak diri dari sifat- sifat yang tidak baik, dengan berpuasa kita berlatih untuk sabar dalam segalanya.

Dan yang berikutnya adalah berdzikir serta membaca Al- Quran. Dzikir merupakan mengingat Allah SWT, dan sebaik- baiknya dzikir adalah membaca ayat- ayat Al- Quran. Insya Allah dengan mencoba berlatih dan membiasakan semua hal tersebut, kita bisa menjadi orang yang lebih sabar dalam hidup. Dengan sendirinya kita juga dapat meningkatkan iman kepada Allah SWT.

Karena tidak ada masalah yang tidak memiliki jalan keluarnya, Allah akan memberikan masalah yang mampu kita lewati. Jadi, kalau semua sudah di atur Allah, kenapa kita meski harus galau, kita kembalikan lagi kepada Allah, dengan berdoa dan selalu berserah diri kepadaNya. Sabar , yuk bisa yuk. Bismillah, sabar ya.

“Mereka itu akan diberiAnas bin Malik Ra. Meriwayatkan, Aku mendengar Rasullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah berfirman, Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya.”

HR. Bukhari

“… Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

QS. Az Zumar: 10

“… Allah menyukai orang-orang yang sabar.”

QS. Ali Imran: 146

“Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.”

QS. Ali Imran: 125