7 Rumah Adat Tradisional yang Paling Populer dan Unik

0
124
rumah gadang

Jika membahas mengenai adat dan budaya tentu tidak lengkap rasanya tanpa berbicara mengenai rumah tradisional unik.

Sebab seperti yang Anda ketahui bahwa Indonesia ini tidak hanya memiliki banyak cerita sejarah, kesenian, kebudayaan hingga kuliner saja melainkan setiap provinsi yang ada di Indonesia tentu memiliki rumah adata atau rumah tradisional yang unik dan cantik.

Nah, mengenai informasi rumah adat tradisional yang unik dan cantik tersebut, Anda bisa membacanya dibawah ini:

Rumah Gadang, Sumatera Barat

Rumah Gadang merupakan sebuah nama rumah adat dari Minangkabau, Sumatera Barat. Dimana jika Anda berkunjung ke Padang maka Anda akan menemukan dan melihat rumah-rumah tradisional yang dibangung dengan sangat cantik dan unik.

Rumah Tongkonan, Toraja

Rumah Tongkonan

Berikutnya ada juga rumah Tongkonan. Dimana tongkonan ini adalah rumah adat masyarakat dari Toraja. Nah, tongkonan ini berasal dari sebuah kata Tongkon yang memiliki arti yaitu duduk bersama-sama.

Rumah Tongkonan ini memiliki atap yang melengkung dan bisa dikatakan menyerupai seperti perahu serta terdiri atas susunan bambu-bambu. Rumah masyarakat Toraja ini memang sangat unik sekali jika kita melihatnya.

Rumah Sade, Lombok

Rumah Sade

Lombok memang tidak hanya terkenal dengan tempat wisata yang cantik dan indah saja melainkan Lombok juga memiliki rumah tradisional yang sangat unik untuk Anda ketahui yaitu Rumah Sade.

Rumah adat seperti ini berada di Dusun Sade dan juga menjadi salah satu dusun tradisional yang memang berada di Desa Rambitan, Lombok Tengah. Untuk bahan membuat rumah adat ini yaitu berupa kayu untuk penyangga, jerami, alang-alang untuk atap, bambu hingga bedek untuk dinding.

Rumah Mbaru Niang, War Rebo Flores

rumah mbaru niang - rumah tradisional unik
Rumah Mbaru Niang

Memang Indonesia ini memiliki berbagai macam ragam budaya Indonesia yang penting sekali untuk diketahui sebagai salah satu pengetahuan umum mengenai budaya yang ada di Indonesia.

Begitu juga dengan rumah adat, ada begitu banyak rumah adat yang wajib untuk Anda ketahui salah satunya yaitu Rumah Mbaru Niang yang mana ini merupakan rumah tradisional yang memang berada di Pulau Flores tepatnya yaitu di Kampong Wae Rebo.

Rumah adat yang satu ini terlihat sangat unik dan lucu yakni berbentuk seperti kerucut dan juga memiliki 5 lantai dengan tingginya yaitu sekitar 15 meter.

Rumah Panjang, Kalimantan

rumah panjang - rumah tradisional unik
Rumah Panjang – sumber gambar: romadecade.org

Rumah Panjang merupakan rumah adat suku dayak yang berdomisili di Kalimantan Barat. Rumah ini dijadikan sebagai pusat kehidupan oleh masyarakat Dayak. Bentuknya seperti rumah panggung. Tingginya bisa mencapai 5-8 meter dari permukaan tanah.

Disebut rumah panjang karena memiliki panjang yang luar biasa. Bisa mencapai 180 meter. Didalamnya bisa terdapat sampai 50 ruangan atau lebih. Selain untuk tempat tinggal, rumah panjang ini juga digunakan untuk kegiatan penting seperti pertemuan tokoh masyarakat.

Rumah Uma Mbatangu, Sumba

Rumah Uma Mbatangu – sumber gambar: travelinkmagz.com

Rumah tradisional sumba ini memiliki keunikan berupa menara yang tingginya bisa mencapai 30 meter. Menara tersebut merupakan simbol bagi para roh yang berkedudukan tinggi. Rumah adat ini terdiri dari tiga bagian yaitu bagian bawah (Lei Bangun), bagian tengah (Rongu Uma) dan bagian menara (Uma Daluku).

Pada bagian bawah dipergunakan untuk memelihara hewan ternak. Bagian tengah dipergunakan untuk si penghuni rumah layaknya rumah pada umumnya. Dan pada bagian atas dipergunakan untuk menyimpan cadangan makanan dan alat pusaka.

Rumah Honai, Papua

rumah honai - rumah tradisional unik
Rumah Honai

Yang terakhir yaitu Rumah Honai. Dimana rumah adat khas Papua ini juga termasuk kedalam rumah adat yang cukup unik. Dimana jika Anda melihatnya dari kejauhan tentu rumah-rumah adat khas Papua ini bisa menyerupai bentuk jamur.

Jadi, inilah yang dikatakan bahwa Indonesia ini sangat hebat, karena memiliki beragam rumah tradisional yang unik dan tidak terkalahan dari negara lainnya. Dindingnya rumah Honai ini terbuat dari kayu dan menggunakan rerumputan kering sebagai atapnya. Bagaimana sangat menarik dan unik sekali bukan?

Tinggalkan Balasan