Rumah Adat Baloy Kalimantan Utara

0
25

Rumah Adat Baloy Kalimantan Utara. Rumah adat terkenal dari masyarakat kalimantan utara disebut rumah baloy.rumah adat ini merupakan hasil kebudayaan seni arsitektur dari masyarakat suku tidung, kalimantan utara.seperti suku lainnya, suku tidung ini mempunyai kebudayaan dan model rumah adat sendiri. Bagi anda yang ingin lebih tahu tentang rumah adat kalimantan utara yang satu ini, silakan simak pembahasan berikut!

Baloy Mayo Rumah Adat Suku Tidung Dari Kalimantan Utara
Baloy Mayo Rumah Adat Suku Tidung Dari Kalimantan Utara from keluyuran.com

Rumah baloy adalah rumah adat provinsi termuda indonesia yakni kalimantan utara. Bentuk bangunan rumah adat ini terlihat lebih modern dan modis karena hasil pengembangan arsitektur dayak dari rumah panjang (rumah lamin) yang dihasilkan oleh masyarakat suku tidung yang tidak lain merupakan suku di kalimantan utara. Baloy mayo adat tidung ini dibangun secara mandiri oleh pengampu adat suku tidung. Kalimantan utara (disingkat kaltara) adalah sebuah provinsi di indonesia yang terletak di bagian utara pulau kalimantan. Kayu ini juga merupakan bahan baku utama dalam pembuatan rumah adat kalimantan yang lain.

Ambir kiri (alad kait), adalah tempat untuk menerima masyarakat yang mengadukan perkara, atau masalah adat.

Baloy mayo adat tidung ini dibangun secara mandiri oleh pengampu adat suku tidung. Ada empat ruangan utama di sini yang dikenal sebagai ambir. Rumah baloy dibangun menghadap ke utara, sedangkan pintu utamanya menghadap ke selatan. Seperti kebanyakan rumah tradisional khas kalimantan, rumah ini juga berbahan dasar kayu ulin. Rumah ini ini dibangun pada tahun 2004 oleh haji mochtar basry idris yang mana beliau ini adalah kepala adat suku tidung. Rumah ini dibangun memang tidak untuk ditinggali oleh suku tidung, melainkan dijadikan sebagai tempat berkumpul.

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Rumah Adat Baloy Kalimantan Utara, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://greatnesia.com/

Tinggalkan Balasan