Ragam Suku di Indonesia

0
10
ragam suku di indonesia

Di Indonesia suku dan budaya sangat banyak sekali sehingga ini menjadi salah satu hal yang menarik yang wajib untuk Anda ketahui. Tak hanya itu saja, jika berbicara mengenai keunikan yang terdapat dari masing-masing suku tentu membuat kita menjadi tertarik untuk mengetahuinya. Walaupun pada saat ini memang sudah menjadi jaman yang modern, namun tetap saja ada beberapa suku yang masih ada hingga saat ini, baik itu yang ada di Pulau Jawa ataupun di Luar Pulau Jawa. Nah, apa saja ragam suku di Indonesia yang masih ada di Indonesia. Berikut dapat Anda lihat seperti berikut ini.

Suku Jawa

Suku Jawa merupakan salah satu suku yang memiliki penduduk paling banyak yang ada di Indonesia dan ini juga termasuk ke dalam salah satu ragam suku di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Tak hanya itu saja, jika membahas suku ini tentu ada banyak sekali hal yang menarik yang dimiliki oleh suku Jawa tersebut, yaitu mulai dari budaya, kesenian hingga yang lainnya. Selain itu, suku Jawa ini dikenal juga dengan alat-alat musik tradisional yang hebat dan adat yang sangat kental sehingga membuat orang tertarik dengan budaya yang ada di Indonesia khususnya dari suku Jawa.

Suku Sunda

Berikutnya ada juga suku Sunda yang menjadi suku terbesar lainnya setelah suku Jawa. Dimana orang-orang Sunda ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Tak hanya itu saja, suku Sunda ini juga memiliki berbagai macam mengenai kesenian, kebudayaan hingga kuliner yang terkenal sangat enak. Selain itu, permainan musik yang berasal dari suku Sunda ini juga sangat baik sekali dan yang paling terkenal alat tradisionalnya yaitu angklung bahkan musik yang satu ini sudah cukup mendunia dan telah dikenal oleh banyak orang.

Jika berbicara mengenai pakaian adat, dimana suku Sunda ini memiliki pakaian adat berupa seperti kebaya. Kemudian untuk ciri khas dari suku Sunda ini juga terdapat dari bahasa komunikasi yang digunakan dan memang cukup unik sekali jika mendengarkannya. Namun, hingga sampai saat ini, suku yang satu ini tetap terus berkembang.

Suku Kamoro

Ragam budaya Indonesia lainnya yaitu dari suku Kamoro. Suku Kamoro ini berasal dari Papua dan mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Dimana suku Kamoro ini bisa dikatakan suku yang berada di pedalaman dan masih kurang modern. Mengapa demikian? sebab masih banyak penduduknya belum terkena sentuhan modernisasi. Akan tetapi suku Kamoro ini tetap saja menyita banyak perhatian dunia, karena memang suku yang satu ini memiliki sebuah keunikan tersendiri. Selain itu, tarian dan ukiran yang begitu khas tentu menjadi salah satu keunikan yang dimiliki oleh suku Kamoro ini.

Jadi, itulah ada beberapa informasi penting tentang ragam suku di Indonesia yang wajib Anda ketahui dengan jelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here