Pulau Derawan Kalimantan Timur

0
52
pulau derawan kalimantan timur

Selain kaya akan alamnya, Kalimantan juga tidak lepas dari pesona alam yang indah. Salah satunya Pulau Derawan Kalimantan Timur yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau eksotis ini menyajikan pemandangan alam yang tiada duanya karena keindahan bawah laut, mangrove hingga kekayaan flora dan fauna.

Di daerah ini tidak bisa diragukan lagi akan keindahannya, flora dan fauna serta pemandangan yang menarik tidak boleh dilewatkan. Pulau Derawan dianggap sebagai surga tersembunyi, apalagi letaknya di ujung Kalimantan.

Rute Menuju Lokasi Pulau Derawan Kalimantan Timur

Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah harus melewati Balikpapan dulu. Kemudian perjalan bisa ditempuh melalui jalur darat, udara atau laut.

Jalur darat sering digunakan oleh wisatawan yang berada di Pulau Kalimantan. Wisatawan bisa menyewa mobil travel atau bus untuk transportasi utamanya. Rute yang dilewati yakni Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, kemudian melewati Daerah Tanjung Batu dan barulah sampai di Pulau Derawan.

Bisa juga melalui jalur laut, namun Anda harus merogoh kocek cukup dalam karena tarifnya relatif tinggi. Perjalanan dengan menyewa speed boat, cukup memakan waktu yang lama untuk menuju Pulau Derawan.

Anda bisa menggunakan jalur Berau kemudian diantarkan oleh mobil travel ke Tanjung Batu, dari sana bisa menyeberangi Pulau dengan menyewa speed boat.

Daya Tarik Pulau Derawan

Salahsatunya memiliki pesona bawah laut yang indah, terumbu karangnya sangat melimpah dengan berbagai jenis terumbu karang yang hidup disana. Bahkan keindahan terumbu karang Pulau Derawan Kalimantan Timur ini menjadi yang paling indah setelah Kepulauan Raja Ampat.

Tipe terumbu karang itu kemudian dibagi menjadi tiga bagian yaitu karang penghalang, karang tepi dan atol. Dari berbagai tipe terumbu karang ini spesies yang hidup di bawah laut mencapai 1.051 spesies.

Beralih ke bagian pantai yang memiliki hutan bakau, dimana hutan tersebut terlihat indah dalam menjaga ekosistem pulau.

Di seluruh kawasan pantai pulau ini juga terdapat Padang Lamun dengan luas tutupan mulai dari 10% hingga 80%. Ekosistem yang sangat penting dalam mendukung ekologi Pulau ini.

Nikmati juga keindahan Pulau Derawan di sore hari menjelang sunset, pemandangannya benar-benar indah dan menakjubkan.

Kegiatan Berwisata di Pulau Derawan Kalimantan Timur

Anda bisa mengabadikan momen kebersamaan dan keindahan Pantai dengan menggunakan kamera.

Karena keindahan bawah lautnya yang sangat menakjubkan, Anda bisa melihat langsung dengan menyelam atau snorkeling. Di lokasi pantai sudah tersedia peralatan untuk snorkeling.

Pulau Derawan dipenuhi oleh pepohonan yang tumbuh sehingga udara cukup sejuk. Anda bisa melakukan piknik bareng pasangan, keluarga atau teman di bawah pepohonan pinggir pantai itu.

Jangan lupa untuk berkunjung mencicipi kuliner di sekitar Pulau Derawan setelah seharian berpetualang di Pulau tersebut.

Penginapan Murah di Pulau Derawan

Jika waktu liburan Anda cukup lama, sebaiknya cara penginapan yang murah di Pulau Derawan, mulai dari resort, Hotel, cottege, Villa hingga homestay.

Agar wisata di Pulau Derawan semakin seru, cobalah untuk menghabiskan malam di tempat unik, yaitu dengan menyewa cottage. Pembangunan cottage berada di atas laut. Sedangkan agar jauh lebih nyaman, sebaiknya menyewa resort.

Bagaimana dengan villa? Tempat ini baru direkomendasikan jika Anda datang bersama rombongan atau keluarga besar. Tipe villa tersebut disediakan oleh masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau dan terlengkap dari fasilitasnya.

Keindahan Pulau Derawan Kalimantan Timur perlu dikunjungi langsung agar Anda pun mendapatkan pengalaman berwisata yang sangat asyik.

Tinggalkan Balasan