Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

0
139

Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Pada awal perkembangannya raja disebut sebagai dapunta hyang (prasasti kedukan bukit dan talang tuo). Prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya yang berisi kutukan adalah prasasti bom baru, prasasti telaga batu, prasasti baturaja, prasasti kota kapur, prasasti karang brahi, prasasti palas pasemah dan prasasti jabung.

Peninggalan Sejarah Kerajaan Sriwijaya Halaman All Kompas Com
Peninggalan Sejarah Kerajaan Sriwijaya Halaman All Kompas Com from asset.kompas.com

Prasasti ini berangka tahun 605 saka (683 m). Kerajaan sriwijaya merupakan kerajaan maritim dengan bala tentara yang banyak. Prasasti hujung langit adalah prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya yang ditemukan di desa haur kuning, lampung. Peninggalan selanjutnya dari kerajaan sriwijaya adalah sebuah prasasti di sebuah danau batu. Prasasti telaga batu ditemukan pada tahun 1935 di telaga telaga biru, di wilayah ilir 3, di wilayah ilir timur ii, di kota palembang, yang berisi kutukan bagi mereka yang melakukan kejahatan di laut.

Peninggalan kerajaan sriwijaya di atas hanya berupa prasasti yang populer saja, banyak dkenal oleh masyarakat.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang 11 buah prasasti peninggalan. Prasasti kedukan bukit sumber gambar: Saya meyakini sebenarnya masih banyak peninggalan kerajaan sriwijaya, baik itu prasasti atau benda berharga lainnya. Prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya ini ditemukan di pulau bangka. Peninggalan kerajaan sriwijaya di atas hanya berupa prasasti yang populer saja, banyak dkenal oleh masyarakat. Nah, demikianlah isi 9 prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya beserta gambarnya yang berhasil ditemukan hingga saat ini. Peninggalan sejarah kerajaan sriwijaya lainnya yang ditemukan di jambi, sumatera selatan dan bengkulu, yaitu candi kotamahligai, candi. Yaitu tentang usaha kerajaan sriwijaya dalam menaklukkan bhumi jawa yang tidak setia pada kerajaan, dan. Kerajaan yang besar dan maju seperti sriwijaya tentunya akan meninggalkan jejak seperti halnya prasasti, berikut adalah beberapa peninggalan kerajaan sriwijaya. Prasasti telaga batu ditemukan pada tahun 1935 di telaga telaga biru, di wilayah ilir 3, di wilayah ilir timur ii, di kota palembang, yang berisi kutukan bagi mereka yang melakukan kejahatan di laut. Diperkirakan prasasti ini sudah ada sejak 1286.

Terima kasih sudah membaca tulisan tentang Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, semoga artikel ini bermanfaat.
Untuk informasi bermanfaat lainnya kunjungi https://www.infocarague.com/

Tinggalkan Balasan